Dinpusip Purworejo Gelar Rakor Tertib Arsip Bagi Perangkat Daerah. - Koran Purworejo

Breaking










Wednesday, January 24, 2024

Dinpusip Purworejo Gelar Rakor Tertib Arsip Bagi Perangkat Daerah.




KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  (Dinpusip) Kabupaten Purworejo menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kearsipan bagi kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo tahun 2024, Selasa (23/1/2024). 


 Bertempat di Grand Dafam Signature Yogyakarta International Airport, Rakor dibuka oleh Bupati Purworejo yang diwakili Asisten Administrasi dan Umum drg Nancy Megawati Hadisusilo MM.


Dalam sambutannya, Bupati Purworejo mengatakan , kearsipan merupakan salah satu urusan wajib yang memperoleh perhatian dari pemerintah pusat, dan wajib dilaksanakan di tingkat daerah.


“Terwujudnya Memori Kolektif Kabupaten Purworejo khususnya di bidang pemerintahan membutuhkan komitmen dan sinergitas antara kepala daerah, lembaga kearsipan daerah, dan perangkat daerah sebagai pencipta arsip,” katanya.


Ia mengingatkan bahwa Kabupaten Purworejo merupakan salah satu kabupaten yang melahirkan pahlawan nasional, tokoh-tokoh nasional baik di bidang pemerintahan, kemiliteran, dan seni budaya. Namun dokumennya belum diserahkan ke Depot Arsip Pemkab Purworejo. 


“Bila kondisi ini dibiarkan, maka kita akan kehilangan sejarah dan jati diri kita dimasa depan. Harapannya melalui Rakor ini kepala perangkat daerah dapat memberikan dukungan dalam perencanaan terhadap pengelolaan kearsipan, khususnya untuk penyerahan arsip statisnya pada Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Purworejo,” imbuhnya.


Kepala Dinpusip Dra Eni Sudiyati MM menjelaskan, rakor bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya peran perangkat daerah dalam mengelola arsip di lingkungannya secara tertib di hulu. Sehingga penyelamatan arsip bernilai historis di Lembaga Kearsipan Daerah di hilir, sebagai memori kolektif Kabupaten Purworejo dapat terwujud.

“Rakor kearsipan pada hari ini diikuti oleh 43 kepala perangkat daerah dan Direktur RSUD. Pemateri atau Fasilitator dalam rapat koordinasi ini adalah Dra Monika Nur Lastiyani MM selaku Pegiat Kearsipan Indonesia, serta Arsiparis Ahli Madya dari Dinpusip Kabupaten Purworejo,” terang Eni. (Nang)

No comments:

Post a Comment