Awas Hati Hati ! Ada Ajakan Link Pendaftaran Vaksin HOAX - Koran Purworejo

Breaking










Wednesday, August 11, 2021

Awas Hati Hati ! Ada Ajakan Link Pendaftaran Vaksin HOAX



KORANPURWOREJO

Purworejo, Ditengah tengah situasi PPKM, tega teganya ada orang yang melakukan HOAX tentang ajakan menjadi peserta Vaksin di RSUD Purworejo.


 Telah beredar di masyarakat melalui media sosial berupa Link Pendaftaran yang menginformasikan Form Pendaftaran Vaksinasi Astra Zeneca untuk masyarakat umum usia 18-40 tahun di RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo pada Selasa, 10 Agustus 2021.


Link tersebut: 

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScgOGBKL3Qbt71teNMV2cgvxvB2_WbOTiJ2bTsAanSDyhudew/viewform


Namun diperoleh dari sumber resmi Pemda Purworejo, Berdasarkan klarifikasi dari Humas RSUD Tjitrowardojo, Leli Dewi Pramudyani, SKM. MM. Beliau menyatakan bahwa link tersebut tidak benar dan bukan berasal dari RSUD.


"Link tersebut bukan dari RSUD Tjitrowardojo.  Mohon masyarakat untuk berhati-hati karena di formulir pendaftaran tersebut diminta data pribadi seperti nama, NIK, nomor telepon, dan alamat rumah yang dimungkinkan dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab", kata Leli.


Kepala Dinas Kesehatan Kab. Purworejo, dr. Sudarmi, MM. menyatakan, "Vaksin Astra Zeneca pada Selasa, 10 Agustus 2021 diarahkan di RSUD Tjitrowardojo 100 kuota dan Tjokronegoro 50 kuota.  Link resmi pendaftaran yang dibuat oleh RSUD sudah tercukupi dan telah ditutup beberapa hari yang lalu.  Apabila masih beredar link serupa, mohon masyarakat hati-hati".


Dinkes bahkan memberi pencerahan kesimpulan sbb.

1. Link Formulir Pendaftaran Vaksinasi Astra Zeneca yang beredar di masyarakat adalah informasi yang tidak benar/Disinformasi.


2. Mohon masyarakat untuk berhati-hati agar tidak melakukan pengisian data di link tersebut. Karena data Nik Ktp akan sangat mungkin digunakan pembuat Hoax untuk tujuan yang merugikan.


3. Dinas Kominfo juga merekomendasikan / mempertegas pada publik. Bahwa link Formulir pendaftaran Vasinasi Astra Zeneca adalah HOAX.


(Nang)

No comments:

Post a Comment