Di TMII , Bupati Yuli Hastuti Temui Pemudik Gratis Tujuan Purworejo - Koran Purworejo

Breaking










Monday, April 8, 2024

Di TMII , Bupati Yuli Hastuti Temui Pemudik Gratis Tujuan Purworejo

 

KORANPURWOREJO.COM

JAKARTA

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menemui para pemudik gratis asal Purworejo saat digelar acara pelepasan peserta mudik lebaran gratis, Sabtu (06/04/2024). 


Pelepasan 11.750 peserta mudik gratis asal Jawa Tengah itu dipusatkan di Museum Purna Bhakti Pertiwi kawasan TMII Jakarta dan dilepas secara simbolis oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.


Sebanyak 239 armada bus yang disiapkan untuk mengantar pemudik merupakan bantuan dari Pemprov Jawa Tengah, Bupati/Walikota Se-Jawa Tengah, Bank Jateng, PT Jasa Marga, BAZNAS Provinsi Jateng, PT Semen Gresik, Perum Perumnas, Pertamina dan Perkumpulan Perantau Jawa Tengah. 


Khusus Purworejo, kegiatan itu disukseskan dengan turut melibatkan berbagai komunitas di Purworejo. Yakni Pakuwojo, CPP, PWP, PKBP dan beberapa komunitas lainnya.


Dalam keterangannya usai menemui sejumlah pemudik, Bupati Yuli Hastuti mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Daerah Se-Jawa Tengah serta sejumlah pihak terkait dalam rangka mendukung program pemerintah. Khususnya dalam mengatasi dan mengurangi kemacetan serta kerawanan kecelakaan di jalan raya pada periode arus mudik lebaran 2024.


“Program mudik gratis ini dilaksanakan dengan harapan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain meringankan beban ongkos bagi pemudik, juga sebagai upaya mengurai kemacetan kendaraan dan mengurangi kerawanan kecelakaan di jalur mudik,” katanya didampingi Kabag Prokopim Setda Anas Naryadi SH MM.


Dirinya mengungkapkan, jumlah warga perantauan asal Purworejo yang mengikuti mudik gratis berjumlah 250 peserta dengan menggunakan tujuh armada bus. Dengan adanya fasilitas mudik gratis ini dirinya berharap dapat menjadi sarana penawar rindu bagi masyarakat yang telah lama atau jarang pulang kampung karena harga tiket yang cukup mahal.


“Kami turut merasa senang melihat masyarakat asal Purworejo dapat merasakan mudik dan menikmati masa lebaran bersama keluarga. Insya Allah di tahun mendatang bisa terselenggara lagi, mungkin akan kita tambah lagi armadanya seperti harapan masyarakat," 


Sementara itu, Kepala Dinhub Kabupaten Purworejo Fithri Edhi Nugroho SE MM menerangkan, 


"Untuk Kabupaten Purworejo mengirim tujuh armada bus, lima dari pemkab dan dua bantuan dari Bank Jateng. Jumlah armada naik dari tahun lalu yakni tiga armada bus. Anggaran untuk melaksanakan program ini sebesar Rp. 70 juta menggunakan APBD tahun 2024," terang Fithri.


"Ucapan terimakasih Pemkab Purworejo khususnya kepada Pakuwojo yang telah mengkoordinir dengan baik peserta mudik gratis tahun ini di wilayah Jabodetabek, sehingga dapat berjalan lancar pada saat kegiatan berlangsung," tambah Fithri.


Ketua DPP Pakuwojo, Rendra Kusuma Wijaya mewakili paguyuban Purworejo menjelaskan,  bahwa antusias masyarakat perantauan Purworejo sangat besar. Hal itu terbukti setelah pengumuman mudik gratis, dalam hitungan jam ribuan orang mendaftar.


Salah satu pemudik, Tuyem (48), asal Desa Kedungsari Kecamatan Butuh mengungkapkan rasa senangnya mengikuti mudik gratis ini. Dirinya merantau dari Kemayoran bersama suami dan satu orang anaknya, memilih mengikuti mudik gratis karena dapat menghemat ongkos perjalanan.


"Alhamdulillah setelah dua tahun tidak pulang kampung, sekarang bisa silaturahmi dengan keluarga. Terima kasih kepada Pemda Purworejo yang sudah mengadakan kegiatan mudik gratis, harapannya ke depan dapat terus diselenggarakan," ujar Tuyem. ( Adv ).

No comments:

Post a Comment