BUPATI "Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula Akan Tentukan Kualitas Pemilu " - Koran Purworejo

Breaking








Sunday, February 4, 2024

BUPATI "Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula Akan Tentukan Kualitas Pemilu "

KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO

Pendidikan Politik Bagi Pelajar di Kabupaten Purworejo tahun 2024 kembali dilaksanakan Pemkab Purworejo melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). 

Acara yang bertempat di Pendopo Kawedanan Kutoarjo pada Sabtu (03/02/2024), tersebut dihadiri oleh Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH didampingi Kepala Badan Kesbangpol Agus Widiyanto SIP MSi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo H Budi Sunaryo SSos, Komisioner KPU Kabupaten Purworejo Imam Turmudi SSy MSi serta Forkopimcam Kutoarjo. 


Mengambil tema 'Pendidikan Politik Bagi Calon Pemilih Pemula', Bupati meneknkan pentingnya pendidikan politik bagi generasi muda sebagai media memperoleh berbagai informasi, agar memiliki pemahaman yang memadai dan tergerak untuk berperan serta secara aktif dalam pemilu.


“ Hal ini sangat penting mengingat generasi muda nantinya akan tumbuh menjadi generasi penerus bangsa,” katanya. 


Menurut Bupati, dengan informasi terkait prosedur dan mekanisme pemilihan umum, para pemilih pemula diharapkan juga memiliki pondasi yang kuat  dan pemahaman yang memadai tentang pemilu, agar tidak mudah termakan bermacam isu yang seringkali marak terjadi. Sehingga para pemilih pemula dapat menjadi pemilih cerdas yang memberikan hak suara secara bertanggungjawab dalam pemilu.


“ Mengingat baru akan memberikan hak suara untuk pertama kalinya, maka calon pemilih pemula tentunya masih minim informasi tentang pemilu, sehingga perlu diberikan pendidikan politik yang memadai,” ujarnya. 


Terakhir, pihaknya berharap semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan menambah ilmu bagi generasi muda sehingga dapat mengikuti dan menyukseskan pemilihan umum dan untuk menghasilkan pemimpin yang baik dan berkualitas.


“ Seluruh warga masyarakat diharapkan dapat berperan serta secara aktif dalam menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut, termasuk siswa siswi sekolah menengah tingkat atas yang masuk kategori calon pemilih pemula,” pungkasnya. 



Kepala Badan Kesbangpol Agus Widiyanto menjelaskan, kegiatan diikuti 100 orang, terdiri dari pelajar SLTA dan generasi muda. 

"Kami ingin menanamkan jiwa dan semangat berbangsa dan bernegara pada generasi muda tentunya pada calon pemilih pemula agar dalam kegiatan proses pemilu serentak pada tahun 2024 ini bisa menjadi panutan di lingkungan masyarakat sekitarnya dan menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar, " jelasnya. 


Sementara itu, Ayu Pelajar SMK mengaku sangat termotivasi apa yang disampaikan oleh Bupati. 


“Saya sangat bangga sekali hari ini, bisa mengikuti sosialisasi ini sehingga saya dan temen-temen bisa bertambah ilmunya dalam kami menentukan hak pilih kami,” ungkapnya. ( Sum ).

No comments:

Post a Comment