Tugas Bawaslu Diuji Dalam Pengawasan Pemilu - Koran Purworejo

Breaking






Monday, February 5, 2024

Tugas Bawaslu Diuji Dalam Pengawasan Pemilu


KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO

Tugas pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2024  mengemban tugas mulia sekaligus memikul tanggung jawab yang berat. Bawaslu dan jajarannya sebagai lembaga resmi pengawas Pemilu, benar-benar diuji untuk mengawal pelaksanaan demokrasi demi terciptanya Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.


Penegasan itu disampaikan Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH saat menghadiri Apel Siaga Pengawasan dalam rangka Pemilu 2024, di area patung Dewaruci Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Minggu (04/02/2024). Tampak hadir Ketua DPRD Purworejo Dion Agasi Setyabudi SIKom MSi, Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo SIK MKP, Dandim 0708 Letkol Infanteri Yohanes Heru Wibowo, Ketua Bawaslu Purworejo Purnomosidi SPt, Kaban Kesbangpol Agus Widiyanto SIP MSi dan Pejabat terkait.


Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH mengapresiasi kegiatan Apel Siaga Pengawasan Tahapan Pemilu 2024 yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Purworejo dengan peserta apel siaga mencapai 597 orang. Ia mengatakan momentum ini sekaligus menegaskan kesiapan Bawaslu untuk melaksanakan tugas pengawasan selanjutnya.


Menurutnya, aspek penting bagi legitimasi sebuah pemilihan umum adalah terselenggaranya pengawasan yang baik, yaitu dari lembaga pengawasan pemilu resmi yakni Bawaslu.

"Kami berharap proses dan mekanisme pemilu akan selalu terjaga sesuai koridor aturan yang ada, sehingga hasil pemilu benar-benar memiliki legitimasi, diterima oleh seluruh masyarakat dan menghasilkan pemimpin atau wakil rakyat yang amanah," ujarnya. 


Ketua Bawaslu Purworejo Purnomosidi SPt saat menjadi irup dalam Apel Siaga mengingatkan, sampai hari pencoblosan semua jajaran harus siaga, untuk melakukan pengawasan. Pada detik-detik akhir ini biasanya pemilik hak pilih menentukan suaranya sehingga intensitas kegiatan politik akan mencapai puncaknya dan sangat perlu diawasi.


"Jajaran pengawas dari kabupaten dan TPS telah siap untuk lakukan pengawasan. Setelah apel siaga akan dilaksanakan penanaman pohon dan bersih sampah sebagai simbol konservasi lingkungan di kawasan Pantai Dewaruci," tutupnya. 


Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Dion Agasi Setyabudi SI Kom MSi dan Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo SIK MKP sebagai keynote speaker, mengingatkan untuk petugas Bawaslu selalu menjaga kesehatannya, mengingat peran Bawaslu sangat penting dalam penyelenggaraan pemilu. 


Reza mahasiswa yang menjadi salah satu peserta apel dari Bawaslu Kecamatan Purworejo menyambut baik dengan adanya Apel Siaga Bawaslu. Ia menilai, dengan adanya kegiatan tersebut menambah sinergi dan kolaborasi antar anggota, agar menjadi semakin solid.


"Cuaca pagi ini sangat mendukung, sehingga kita semua dapat mengikuti dengan lancar. Banyak teman yang sama-sama ikut bagian dari Pemilu 2024. Semoga Allah SWT memberikan kesehatan dan kelancaran untuk kita semua, sampai selesai pemilu tahun ini," harapnya.

( sum).

No comments:

Post a Comment