Kecamatan Kaligesing Punya Gedung Haji, Dana Iuran & Wakaf, Diresmikan Bupati. - Koran Purworejo

Breaking






Saturday, January 27, 2024

Kecamatan Kaligesing Punya Gedung Haji, Dana Iuran & Wakaf, Diresmikan Bupati.



KORANPURWOREJO.COM

KALIGESING

 Gedung Haji dan Umroh Kecamatan Kaligesing, Sabtu (27/1/2024) diresmikannoleh Bupati Yuli Hastuti.SH.

" Keberadaan gedung haji dan umroh ini menurutnya bukanlah semata tentang pembangunan sebuah struktur fisik, melainkan merupakan simbol dari perjalanan spiritual dan pengabdian kita kepada Allah SWT. Oleh karena itu, saya berpesan agar gedung ini dirawat dan dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat.


"Semoga keberadaan gedung ini akan membawa manfaat,  bagi anggota IPHI khususnya, serta umat muslim dan masyarakat pada umumnya" pesan Bupati.

 Peresmian ditandai dengan pendatangan prasasti, potong tumpeng dan penyerahan sertifikat kepada pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI).


Ditambahnan oleh Bupati, bahwa animo masyarakat Purworejo untuk melaksanakan ibadah haji memang sangat tinggi, sehingga daftar tunggu antrian mencapai puluhan tahun. Demikian juga ibadah umroh, merupakan ibadah yang sangat diminati masyarakat muslim Indonesia, bahkan banyak yang telah menunaikan berkali-kali.


Menurutnya, "Kemabruran ibadah haji tidak dilihat dari gelar haji yang disandang, tetapi sejauh mana ibadah yang telah dilaksanakan itu membekas dalam hati, lalu tercermin dalam kehidupan sehari-hari," tegasnya.


Dirinya juga berharap dengan semakin banyaknya masyarakat yang menunaikan ibadah haji dan umroh, akan semakin banyak orang sholih.


Ketua IPHI Kaligesing sekaligus panitia pembangunan H Sumarno menerangkan, pembangunan dimulai dari tahun 2015 menggunakan dana iuran masyarakat dan donatur. 

Gedung dibangun di atas tanah wakaf dari H Sarono dari Kemanukan dengan luas tanah 504 M2 terdiri dari bangunan utama, mushola dan halaman parkir.


" Dana dari iuran masyarakat dikumpulkan setiap salapanan, hanya sebesar Rp 25 ribu namun bisa sampai akhirnya jadi bangunan megah meskipun belum sempurna," kata Sumarno.

Turut hadir Staf Ahli Bupati Purworejo Bidang Kemasyarakatan dan SDM Rita Purnama SSTP MM, Kepala DKPP Hadi Sadsila SP MM, Kepala DINSOSDALDUKKB Ahmat Jainudin SIP, Kabag Prokopim Ulik Sri Widiatmi SSos MAP, Camat Kaligesing Drs Wahyu Jaka Setiyanta beserta 

Forkopimcam dan jamaah haji/umroh yang tergabung dalam IPHI. ( Nang ).

No comments:

Post a Comment