Nelayan Purworejo Dapat Dukungan Peningkatan SDM, Dari Aspirasi DPR RI - Koran Purworejo

Breaking










Friday, September 15, 2023

Nelayan Purworejo Dapat Dukungan Peningkatan SDM, Dari Aspirasi DPR RI


KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO

Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH mendukung upaya berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM nelayan di Kabupaten Purworejo. 


Disampaika Wabup saat menghadiri acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepelabuhan dan Perikanan dari Program Aspirasi DPR RI melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di Desa Kertojayan Kecamatan Grabag, Jumat (15/9/2023).


Wabup menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas komitmen berbagai pihak untuk untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan maupun warga yang bergerak di bidang pengolahan dan perdagangan ikan. 


Salah satunya pemenuhan kebutuhan akan peningkatan kualitas SDM melalui bimtek-bimtek, agar dapat meningkatkan produktivitas dan nilai keekonomian produk yang dihasilkannya.


"Bimtek ini juga merupakan bentuk dukungan moral dan apresiasi dari kita semua untuk jerih payah dan dedikasi para nelayan dalam menjaga kelangsungan hidup kita dan menyediakan sumber pangan yang sangat berharga bagi masyarakat," kata Wabup.


Dengan bimtek ini, Wabup berharap para nelayan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengelola sumberdaya yang ada, mengingat potensi kelautan yang besar sehingga diharapkan juga dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan dan masyarakat pada umumnya.


"Bidang perikanan dan kelautan telah berkontribusi untuk memperbaiki kehidupan masyarakat khususnya masyarakat perdesaan di Kabupaten Purworejo. Sehingga Pemerintah Daerah juga berupaya untuk selalu memberikan perhatian terhadap pembangunan bidang perikanan dan kelautan," ucap Wabup.


Sementara itu Ketua Kelompok Kerja Tata Operasional Pelabuhan Perikanan KKP RI Lukman Nur Hakim menyampaikan kegiatan ini merupakan kerjasama antara aspirasi DPR RI dan KKP RI dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas perikanan tangkap di Kabupaten Purworejo.


"Bimtek Cara Penanganan Ikan Yang Baik ini merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam rangka upaya kita melatih sekaligus memberikan pemahaman khususnya nelayan tentang penanganan ikan yang baik," terang Lukman.


Dijelaskan Lukman, penanganan ikan tak kalah pentingnya dari pada proses tangkap, karena dengan penanganan ikan paska tangkap yang baik dapat menentukan kualitas mutu ikan secara lebih terukur serta mampu menaikkan nilai keekonomian ikan itu sendiri.


Dalam kesempatan ini juga KKP RI turut menyalurkan beberapa bantuan aspirasi antara lain mesin kapal, jaring, alat deteksi ikan, rompi nelayan, kalaju, perawatan mesin kapal serta bantuan lainnya.

( Nang).

No comments:

Post a Comment