Resmi Dimulai Pembangunan Terminal Tipe A Di Purworejo,Target Selesai Akhir Th 2023. - Koran Purworejo

Breaking










Sunday, May 21, 2023

Resmi Dimulai Pembangunan Terminal Tipe A Di Purworejo,Target Selesai Akhir Th 2023.


KORANPURWOREJO.COM

Purworejo – Kementerian Perhubungan resmi memulai pembangunan Terminal Penumpang Tipe A Purworejo . Ditandai dengan dilakukannya peletakan batu pertama yang dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Minggu (21/5), di  Purworejo, Jawa Jawa tengah.


Menhub mengatakan sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, pemerintah terus berupaya meningkatkan penggunaan transportasi massal. "Oleh karenanya, pembangunan terminal bus seperti di Solo, Salatiga, Demak, Purwokerto, dan sekarang di Purworejo juga sekaligus menambah fungsi terminal sebagai pusat kegiatan masyarakat dan fungsi ini bisa berkelanjutan," jelas Menhub. 

 

Dengan mengusung konsep mix use, terminal kini memiliki tiga fungsi utama, yaitu tidak hanya sebagai tempat naik turun penumpang bus, tetapi juga sebagai pendorong dan penggerak perekonomian wilayah dan sebagai pusat kegiatan sosial, seni dan budaya. Melalui konsep ini, terminal dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti: area komersial bagi UMKM, kuliner, pelayanan publik, hotel, tempat belanja, ruang serbaguna dan lain sebagainya.

 

"Lokasi baru pembangunan terminal Purworejo ini lebih strategis dan tanahnya telah dihibahkan. Keberadaan terminal baru ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pelayanan transportasi jalan seperti bus, "ujar Menhub.

Terminal baru ini dibangun di lokasi baru, yaitu sekitar 500 meter dari terminal yang lama (eksisting). Terminal lama telah beroperasi sejak tahun 1994 dan ditetapkan menjadi Terminal Tipe A mulai tahun 2003. Lokasinya  berada di Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, atau berada di seberang Mapolres Purworejo. Nantinya terminal lama yang aset tanahnya merupakan milik desa akan dikembalikan kepada pihak desa. 

 Pemerintah Kabupaten Purworejo, yang telah menghibahkan tanah seluas 1,18 hektar.

 “Sinergi antara pemerintah pusat dan daerah ini menjadi contoh baik bagi daerah lainnya"  ujar Menhub.

 “Kami juga mendorong tumbuhnya UMKM di Purworejo dan sekitarnya untuk memanfaatkan area tenant yang telah disediakan di area terminal,” ucap Menhub. 


Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyambut baik dibangunya terminal baru di Purworejo.  “Semoga dengan kehadiran terminal yang semakin lengkap fasilitasnya ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Purworejo dan sekitarnya,” ujar Ganjar.


Pembangunan terminal yang dikelola oleh Kemenhub melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Provinsi Jawa Tengah ini dibiayai dari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

 Total pagu anggaran  Rp. 35 Miliar,  pembangunan terminal baru ditargetkan dapat selesai lebih cepat yaitu di akhir tahun 2023.

Gedung terminal baru akan dibangun lebih luas dari terminal lama, yaitu dengan luas sekitar 2.200 meter.

 

Terminal ini memiliki 6 (enam) area ruang tunggu keberangkatan, 6 (enam) area keberangkatan parkir bus, dan 2 (dua) lajur kedatangan bus. Serta mampu menampung hingga 1.000-1.200 penumpang per hari dan melayani pergerakan sekitar 128 bus antar provinsi per hari. 

 

Kehadiran Terminal Tipe A Purworejo akan menghubungkan Bandara Yogyakarta International Airport di Kulonprogo, dan sejumlah destinasi wisata seperti KSPN Borobudur dan Bendungan Bener. Selain itu akan meningkatkan dan mendorong potensi pariwisata, dan meningkatkan perekonomian daerah.


Turut hadir dalam acara ground breaking, Anggota komisi V Ir Sujadi, Bupati Purworejo  H. Agus Bastian.

(Nang)


No comments:

Post a Comment