EMPAT KADES KERAHKAN WARGA TUNTASKAN SAWAH TELAR PITURUH - Koran Purworejo

Breaking










Sunday, March 19, 2023

EMPAT KADES KERAHKAN WARGA TUNTASKAN SAWAH TELAR PITURUH



KORANPURWOREJO.COM

PITURUH PURWOREJO.

EMPAT kepala desa memimpin  terjun langsung ke lokasi sawah rawa yang terbengkelai.  Dalam upaya melakukan penuntasan. Karena jadi embung dan tak bisa ditanami.

Ke-empat Kades tersebut masing masing ; Rokhiman  Kades Prigelan, Tupon Kades Ngampel, Akhmad Anwar Kades Pituruh dan Sariyo Spd,Kades Sikambang.


Puluhan warga yang terlibat kerja 

Keempat Kades tersebut mengerahkan warganya untuk melakukan normalisasi pembuangan air dari embung sawah rawa, yang jumlahnya puluhan hektar. Yang berada di titik lokasi empat desa tersebut.

Kades Rokhiman  sedang.menjelaskan.

Kepada wartawan, Kades Prigelan Rokhiman  mengatakan , " Upaya penuntasan sawah rawa ini, diakui sudah jadi komitmen empat Kades. Akan terus diperjuangkan hingga bisa jadi sawah yang normal bisa ditanami", kata Rokhiman.

" Kegiatan penyudatan embung  diakui Rokhiman setidaknya sudah dilakukan sebanyak 2 kali. Hasilnya cukup lumayan air yang tertahan jadi bisa terkuras. Meski belum maksimal " imbuh Rokhiman.


Senada dengan Rokhiman,  Kades Pituruh Akhmad Anwar menjelaskan, 

" Kami empat Kades sudah bersepakat bersatu padu. Termasuk menyangga kebutuhan dana yang dikeluarkan" kata Anwar.



" Sebelumnya pada bulan Agustus 2022, kami sudah urunan untuk mengeruk anakan sungai wawar. Tujuannya supaya air bisa lebih cepat keluar semestinya. Karena pendangkalannya sudah menghambat laju air sungai. Menggunakan alat berat bego. Biayanya juga tidak sedikit, habis puluhan juta " tandas Anwar.


Ditambahkan Anwar, dari hasil kesepakatan empat Kades, besuk pada musim kemarau. Saluran pembuangan akan dinormalisasi lagi,rencana menggunakan alat berat Bego.


Sementara Keman ( 60 th ) Penggarap sawah sikambang , mengaku bisa tersenyum lega.

 " Ada 30 tahun lebih  kami tidak bisa tanam padi. Kini ada harapan setelah empat Kades turun langsung. Meskipun sodetan belum sampai desa Prigelan" Ungkapnya.

Hasil kerja bhakti 4 desa


" Pokoknya, Saya dan kawan kawan selalu siap. Mestinya penyudatan tersebut harus sampai tembus sawah desa Prigelan. Kasian mereka juga sering kebanjiran" Tandas Keman.

Perlu diketahui pembaca, bahwa sawah rawa tersebut berada di Jln Pituruh - Kemiri KM 2. Tepatnya di timur SDN Prigelan, sisi selatan jalan. Lokasinya hanya berjarak 2 Km dari kantor Kecamatan Pituruh. Namun selalu terlupakan tidak petnah tersentuh.

Relawan Sungai juga terlibat


Pada kegiatan penuntasan tersebut juga melibatkan Relawan Peduli Sungai TirtaJaya. Yang diketuai Sumanang . Relawan peduli sungai Tirtajaya inilah yang getol melaporkan dan mengusulkan tentang pengerukan sedimen sungai.


Pada acara kerja bhakti tersebut (Minggu 19 maret 2023), Hadir Korlap KPS Tirtajaya Sarijo.Spd.   Turut terjun dalam kegiatan tersebut ,disertai para aktifisnya Pairun, Suprat, Keman, Sudarno,Ashari , Maniso dengan beberapa relawan lainnya.

( Nang).





No comments:

Post a Comment