SEKDA " PKK JANGAN DIREMEHKAN, OPD HARUS DUKUNG KEGIATANNYA " . - Koran Purworejo

Breaking










Friday, March 19, 2021

SEKDA " PKK JANGAN DIREMEHKAN, OPD HARUS DUKUNG KEGIATANNYA " .

 


KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO.

" TP PKK merupakan mitra pemerintah, keberadaannya turut serta dalam pembangunan di Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo.

  Tentu kegiatan PKK mensukseskan program-program pembangunan yang tercantum dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Purworejo. 

Secara tehnis implementasi visi misi tersebut dilaksanakan pada Organisasi Perangkat daerah (OPD)." Demikian dikatakan Sekda Said Romadhon.


“Maka perlunya OPD  mendukung kegiatan PKK sesuai tugas pokok dan fungsi OPD. Perlunya sinkronisasi kegiatan TP PKK dengan kegiatan OPD, sehingga pelaksanaan dan hasilnya akan lebih efektif,” tandas Said Romadhon pada pembukaan sosialisasi kegiatan PKK Kabaupaten Purworejo Tahun 2021.

Kegiatan yang digelar  hari ini Jum’at (19/3) di Ruang arahiwang setda tersebut dihadiri, Ketua TP PKK Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE, Wakil Ketua Dra Erna Said Romadhon, Plh Dinpermasdes Ganis Pramudito SSTP MSi, dan semua OPD se Kabupaten Purworejo. 

Lebih lanjut Sekda menyampaikan sekilas tentang sejarah TP PKK yakni gerakan pembangunan masyarakat yang memiliki peranan penting dalam pembangunan hingga lini paling bawah kelompok dasa wisma. Bahkan data PKK yang detail dari skup terkecil keluarga  juga menjadi bahan pembahasan untuk pelaksanaan pembangunan. Artinya OPD harus mendukung PKK untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.


Sementara itu Fatimah Verena Prihastyari mengaku sangat percaya dengan sinkronisasi semua kegiatan yang ada di OPD bisa mengikursertakan PKK begitu juga sebaliknya. Apabila sinkron program yang dilaksanakan OPD dan TP PKK terlaksana secara optimal maka hasilnya akan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Karena PKK mempunyai kepanjangan tangan sampai tingkat paling bawah RT dan Dasa wisma.


“Seperti yang disampaikan Pak Sekda, yang terpenting dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK perlu kerjasama dan dukungan dari semua OPD. Tentu saya berharap ini dapat direalisasikan dalam bekerjasama antara OPD dengan PKK,” harap Fatimah.

Sedangkan Erna Setyowati Said Romadhon memaparkan materi tentang program PKK Kab Purworejo Tahun 2021 yang mencakup 10 program pokok PKK dengan jumlah kegiatan 28 materi. Diantaranya kegiatan peningkatan mutu kader dan peningkatan SDM Hari Kesatuan Gerak PKK disinkronkan dengan OPD yang terlibat yakni Dinpermasdes Dinkominfo, Din KUKMP, Bag Humas Protokol, dan Bagian Umum. 


Untuk lomba administrasi dan lomba pidato pola asuh anak melibtakan Dinsosdukkbpppa, Dindikpora. Ceramah bela negara melibatkan Kesbangpol, Lomba tabungan PBB melibatkan DPPKAD, Bhakti sosial melibatkan BPBD dan Dinsosdukkbppa, pelatihan kewirausahaan, pelatihan gizi dan pelatihan membatik melibatkan Dinperinaker dan DPPKP, dan Dinparbud. 

Kegiatan-kegiatan tersebut kata Erna Said, rencananya dimulai Maret sampai Nopember dengan jadwal waktu yang telah ditentukan. “Harapannya OPD dan PKK bisa bekerjasama untuk melaksanakan 28 kegiatan yang endingnya untuk kesejahteraan keluarga dan masyarakat menuju Purworejo yang maju dan sejahtera,” ujar Erna Said.


( Asp/ Nang Tirta)

No comments:

Post a Comment