Jaga Stabilitas Harga, Pemkab Gelar Gerakan Pangan Murah - Koran Purworejo

Breaking










Wednesday, September 13, 2023

Jaga Stabilitas Harga, Pemkab Gelar Gerakan Pangan Murah

 


KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO

Pemkab Purworejo terus berkomitmen menjaga kestabilan pasokan dan harga pangan di Kabupaten Purworejo, salah satunya melalui kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Purworejo, di halaman Kantor Kecamatan Banyuurip, Rabu (13/9/2023). Kegiatan GPM yang sekaligus dirangkai dengan Vaksin Rabies ini dibuka Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs Sutrisno MSi, Kepala DKPP Hadi Sadsila SP MM, Kabag Perekonomian  Anggit Wahyu Nugroho SSI MAcc dan Forkopimcam Banyuurip.


Wabup dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan GPM ini. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menjaga kestabilan pasokan serta terutama harga pangan, di tengah sering terjadinya fluktuasi pasokan dan harga pangan di pasaran, akibat perbedaan pola panen antar waktu serta wilayah, yang jika tidak ditangani lebih luas akan mempengaruhi inflasi.

"Sehingga kegiatan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan melalui Gerakan Pangan Murah menjadi sangat penting dan strategis, untuk mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan dengan harga terjangkau serta pengendalian inflasi pangan," katanya.


Lebih lanjut Wabup mengatakan, even ini juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk produk hasil pertanian dan aneka produk olahan pertanian lainnya, yang diharapkan dapat menjadi jalur pemasaran produk pertanian dari petani sebagai produsen ke konsumen menjadi lebih ringkas.

"Disamping itu juga sebagai wahana memasarkan aneka produk unggulan dari sektor pertanian lainnya yang ada di Kabupaten Purworejo, sehingga secara langsung maupun tidak langsung menggerakkan ekonomi masyarakat khususnya bagi petani," tutur Wabup.


Sementara itu Hadi Sadsila  menyampaikan kegiatan GPM ini merupakan hasil sinergitas antara Badan Pangan Nasional, DKPP, Dinas KUKMP, Bagian Perekonomian Setda, Bulog serta Gapoktan dan distributor pangan di wilayah Purworejo dalam rangka stabilisasi harga pangan.

"Tujuannya adalah untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan. Ini salah satu upaya pemerintah untuk stabilisasi harga pangan, semoga ini bisa sedikit membantu terhadap kebutuhan masyarakat terkait dengan harga yang tidak menentu," kata Hadi.


Dilaporkan Hadi, GPM ini menghadirkan produk-produk keseharian kebutuhan rumah tangga seperti minyak goreng, bawang, cabai, telur, gula, tepung dan sayuran, serta beras medium dari Bulog, dan juga ada beras medium dan premium dari Gapoktan, yang semua dapat dibeli masyarakat umum dengan harga yang terjangkau. Sedangkan terkait pemberian vaksin rabies, hal ini merupakan upaya pencegahan merebaknya penyakit rabies di Kabupaten Purworejo sekaligus juga dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia.

( Nang).

No comments:

Post a Comment