Genjot Pariwisata, Purworejo Gelar BOB Downhill Libatkan Atlis Sepeda 11 Propinsi. - Koran Purworejo

Breaking








Wednesday, May 31, 2023

Genjot Pariwisata, Purworejo Gelar BOB Downhill Libatkan Atlis Sepeda 11 Propinsi.


KORANPURWOREJO.COM

Purworejo

Genjot gaerah pariwisata. Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) kembali menggelar event sport tourism bertajuk BOB Downhill 2023. Acara dilaksanakan di lokasi wisata Glamping De’Loano Desa Sedayu Kecamatan Loano. 

Sebanyak 204 atlet sepeda downhill dari 11 provinsi mengikuti kejuaraan berhadiah total Rp 76 juta. Ada 13 kategori yang dilombakan mulai dari kategori open hingga elite rider. 

Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM hadir pada acara tersebut mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Tampak hadir pula Sekda Provinsi Jateng Sumarno, Plt direktur utama BPOB Agustin Peranginangin, serta Kapolres Purworejo AKBP Victor Ziliwu.


Dalam sambutan singkatnya Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM mengucapkan terimakasih, dan berharap event akan terus berlanjut menjadi agenda rutin tahunan.

"Atas nama Pemerintah Daerah, pemangku Kabupaten Purworejo kami mengucapkan terimakasih Mas Menteri, Pak Sekda Jawa Tengah yang telah menggelar event ini. Kami berharap, mudah-mudahan di waktu-waktu yang akan datang, event ini terus berlanjut, tidak hanya pada kesempatan ini saja," ungkapnya.

Sementara Menparekraf Sandi Uno mengatakan, Glamping De’Loano dapat dibangun di wilayah Purworejo atas kegesitan Bupati Agus Bastian menyediakan dan menawarkan lahan.

"Event ini bisa terselenggara juga karena kegesitan Pak Bupati menjadi tuan rumah kegiatan. Di sekitar Borobudur Highland ini ada 16 desa wisata. Pengembangan desa wisata bisa mengangkat produk, tidak hanya kuliner tapi ekonomi kreatifnya juga," ujarnya. 


Lebih lanjut dikatakan, suatu saat event BOB downhill ini akan dijadikan mandatory bagi semua atlet sepeda downhill.

 Tracknya sangat layak dikembangkan agar bisa untuk event downhill tingkat dunia (internasional), jadi tidak hanya Moto GP. 

”Pada event ini sangat diharapkan dapat membuka lapangan usaha, dan ditargetkan terbangun banyak homestay di wilayah Purworejo utamanya sekitar glamping," tambahnya


Menparekraf juga mendorong Borobudur menjadi ikon dunia yang akan menarik 20 juta wisatawan. Dengan kegiatan penyangga di sekitarnya, target kebangkitan wisata ekonomi kreatif mengarah ke 4,4 juta lapangan kerja baru terangnya.


Sementara itu Plt Direktur Utama BPOB Agustin Peranginangin menjelaskan event telah diadakan 4 kali dan mendapat sambutan antusias.

"Event kali ini adalah ajang yang sudah dihelat keempat kalinya. Sport tourism terbukti berhasil menarik wisatawan, baik peserta yang mengikuti ajang sport secara langsung maupun keluarga dan warga yang menonton," jelasnya.

(Nang)



No comments:

Post a Comment