KKNT UNIV. MUHAMADIYAH AJARKAN FERMENTASI ENCENG GONDOK UNTUK PAKAN UNGGAS. - Koran Purworejo

Breaking






Friday, January 27, 2023

KKNT UNIV. MUHAMADIYAH AJARKAN FERMENTASI ENCENG GONDOK UNTUK PAKAN UNGGAS.


KoranPURWOREJO.COM

Pituruh Purworejo -

Kuliah KerjaNyataTematik (KKNT) Universitas Muhammadiyah Purworejo di desa Tersidi Lor  Kecamatan Pituruh yang diikuti oleh Kelompok 46 sebanyak 9 mahasiswa mengadakan penyuluhan tentang pemanfaatan eceng gondok fermentasi  untuk pakan unggas.

 Penyuluhan ini membahas manfaat eceng gondok yang difermentasi. Kegiatan ini diikuti oleh kelompok Tani ternak yang ada  didesa Tersidi Lor Kecamatan Pituruh pada hari Minggu 22 Januari 2023. 


Kegiatan yang diikuti oleh kelompok tani Ternak ini merupakan  bagian dari Program kerja KKNT 2023, Sambutan disampaikan oleh ketua pelaksana kegiatan acara ini Ela Rosita dari Program studi peternakan Fakultas Pertanian UMPurworejo bahwa pakan ternak merupakan  faktor penting  untuk menentukan keberhasilan  usaha peternakan. 


Pada kesempatan tersebut, menghadirkan 2 orang narasumber dari dosen Prodi Peternakan, Ir. Hj.Zulfanita, M.P sekaligus sebagai DosenPembimbing Lapangan (DPL) KKNT  kelompok 46 di desa Tersidi Lor serta  Alumni Program studi peternakan Eko Prasetyo, S.Pt. Dalam paparannya , Ir.Hj  Zulfanita, M.P menyampaikan bahwa eceng gondok merupakan salah satu jenis tanaman air yang banyak tumbuh di pedesaan, saluran air, pematang sawah maupun waduk-waduk. Eceng gondok dianggap sebagai gulma karena dapat menyebabkan pendangkalan sungai dan waduk, dan penyebab pengurangan atau penguapan air dari unsur hara yang cukup besar. Eceng gondok tumbuh dengan cepat sehingga perlu diupayakan untuk menanganinya agar tidak mengganggu dan merusak lingkungan. Salah satunya adalah dengan dimanfaatkan sebagai olahan bahan pakan ternak Untuk mendapatkan fermentasi produksi pakan ternak memerlukan mikroorganisme melalui penggunaan EM4 dan molases. fermentasi EM4 pertanian adalah  bahan organik tanah yang menyuburkan tanaman dan menyehatkan lahan.

 .


Sedangkan Eko Prasetyo, S.Pt alumni Prodi Peternakan menyampaikan bahwa fermentasi bermanfaat untuk Mempercepat pertumbuhan karena pakan ternak fermentasi terdapat nutrisi penambah nafsu makan 

Eceng gondok fermentasi merupakan pakan yang awet, hasil fermentasi yang baik adalah   berbau harum, tidak menggumpal, berwarna kecoklatan, tidak berjamur, fermetasi dilakukan dengan cara rapat, padat dan kedap udara dengan waktu fermentasi 1 sampai 3 minggu serta perlu dilakukan praktek pembuatannya karena mudah dan murah serta bergizi.

 

 Selama mengikuti kegiatan penyuluhan ini peserta terlihat antusias dengan banyak berdiskusi interaktif terkait kegiatan ini. Kepala Desa Tersidi Lor  Drs. H.M.Sumedi, M.Pd menyambut baik kegiatan ini dan berharap  ada program penyuluhan, pelatihan dan praktik  yang berkesinambungan dan dapat bersinergi dengan kegiatan yang ada di desa Tersidi Lor.


Zulfanita, Dosen Prodi Peternakan UM Purworejo  menambahkan bahwa kegiatan  penyuluhan melalui  program Pertanian Peternakan terpadu dalam mendukung Ketahanan pangan  adalah salah satu bagian dari pemberdayaan masyarakat yang diprogramkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purworejo yang bekerjasama dengan berbagai sektor yaitu kelompok tani, masyarakat, fihak desa, dan pimpinan daerah. ( Nang).

No comments:

Post a Comment