Dinas Perpustakaan Batang, Study Ingin Adopsi Kelebihan Perpustakaan Purworejo - Koran Purworejo

Breaking










Friday, September 30, 2022

Dinas Perpustakaan Batang, Study Ingin Adopsi Kelebihan Perpustakaan Purworejo



KoranPURWOREJO

Purworejo -  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpusip) Kabupaten Purworejo, menerima kunjungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinperpuska) Kabupaten Batang. Tim kunjungan Kabupaten Batang yang dipimpin Kepala Dinperpuska Batang Rahmat Nurul Fadilah SPd MSi, diterima Kepala Dinpusip Dra Eny Sudiyati MM dan Kabid Perpustakaan Aspiyatun SIP beserta jajaran pustakawan, di gedung layanan perpustakaan umum yang berlokasi di Kutoarjo pada Kamis (29/9/22).


Dalam sambutanya Eny Sudiyati MM, mengatakan, sejarah berdirinya perpustakaan Kabupaten Purworejo, yakni pada waktu itu masih bernama Perpustakaan umum daerah tingkat II Purworejo. 

Perpustakaan diresmikan Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan  Prof DR Daoed Joesoep, pada 13 Nopember 1980. Gedung perpustakaan berada satu atap dengan Pendopo Wakil Bupati Purworejo yang berlokasi jalan Pangeran Diponegoro No.2A Kutoarjo. Yang kemudian bergeser di sebelah timur masih satu komplek dengan Pendopo.


Dijelaskan, seiring dengan perkembangan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat, dibangun gedung perpustakaan berlantai dua yang terletak di jalan Mardiusoho no.10 Kutoarjo. 

Gedung yang dibangun 2021 itu diresmikan Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Sarif Bando dan Bupati Purworejo RA Agus Bastian SE MM pada 25 Pebruari 2022. 

Kadin Eny juga memaparkan tentang kegiatan layanan perpustakaan antara lain perpus keliling, layanan referensi, audio visual, layanan perpustakaan anak, kartu anggota, layanan di car free day dll. Untuk layanan perpustakaan umum dilaksanakan pada jam kerja. Terkait Perda penyelenggaraan dan pengelolaan Perpustakaan Kabupaten Purworejo diterbitkan pada 18 Desember 2017. 


Sementara itu Kadin Perpuska Batang Rahmat Nurul Fadilah mengatakan, tujuan kunjungan untuk melihat layanan dan menggali penyusunan Perda. 

Karena Kabupaten Batang akan persiapan menyusun Perda penyelenggaraan perpustakaan. 

Beberapa referensi penyusunan Perda yang kami kunjungi yakni salah satunya Kabupaten Purworejo dan implementasinya di Perpusdes. 


Tentu kami salut dengan Perpustakaan Purworejo yang telah memiliki Perda juga gedung yang bagus serta layanan yang lengkap. 

Termasuk audio visual yang memadai. Dengan melihat langsung ini, kami berencana untuk mengadakan audio visual  seperti di Purworejo. 

Juga adanya gedung perpustakaan desa (Perpusdes) seperti di Desa Kemiri Lor,” ujar Rahmat.

 


Kabid Aspiyatun mengatakan, perpustakaan berperan bukan hanya sebagai pusat informasi. Lebih dari itu perpustakaan dapat bertransformasi menjadi tempat dalam pengembangan diri masyarakat sehingga dapat meningkatkan kecerdasan yangbberimbas pada kesejahteraan masyarakat. 


Bentuk kegiatannya antara lain pelatihan keterampilan, whorkshop, kelas ibu hamil, seminar, dll. Harapannya dari membaca buku kemudian dapat mengimplementasikan. Contohnya membaca buku tentang keterampilan membuat hantaran, lalu dari buku ini bisa dipraktekkan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan. 

Kunjungan Rombongan Dinperpukab Batang, Selain mengunjungi perpustakaan Purworejo juga mengunjungi Perpusdes Kemiri Lor. Kepala Desa Kemiri Lor Sumarni SPd mengaku bangga dikunjungi dari Kabupaten Batang. Tentu menambah wawasan tentang perpustakaan dan bisa saring untuk lebih memajukan perpusdes.

 “Di Kemiri Lor, perpusdes alhamdulilah bisa berjalan baik dan ada pengelola perpustakaan yang membuka layanan membaca, juga pelatihan border. Biasanya ada warga yang membaca buku perpustakaan,  juga ada yang meminjam,” jelasnya. (Nang).


No comments:

Post a Comment