Desa Megulung Kidul, Miliki Dusun Sabin & Taman Anggur, Nominasi Desa Wisata Th 2022. - Koran Purworejo

Breaking




Thursday, September 22, 2022

Desa Megulung Kidul, Miliki Dusun Sabin & Taman Anggur, Nominasi Desa Wisata Th 2022.


KoranPURWOREJO.COM

PITURUH - Desa Megulung kidul di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo.  Menjadi salah satu desa yang banyak memiliki potensi edukasi wisata dan prestasi. Setidaknya di desa ini berhasil dalam inovasi pertanian anggur yang dipadhu dengan Coffee Shop dan Kuliner. 


Dan telah menjadi pionir di Kab. Purworejo. Warganya ( Sabar- Red) , juga  mendapatkan penghargaan Upakarti dari presiden Era Suharto dalam bidang seni ukir. 

Di pusat Seni Ukir Sabar ini juga menjadi tempat edukasi para wisatawan/  pengunjung di Desa Megulung Kidul.

Sabar ukir tempat edukasi


Sudah sepantasnya jika Desa Megulung Kidul ini masuk nominasi 5 besar calon Desa Wisata di Kab.Purworejo Jawa Tengah th 2022.


Dinas pariwisata kepemudaan dan kebudayaan mengadakan kegiatan uji paket wisata di Dusun Sabin Budidaya anggur dan UMKM), Kamis (22/09/2022) di Desa Megulung Kidul, yang penuh potensi ini.

Asiknya ASN Dinporapar dan HPI memetik Kacang hijau

Dihadiri Subkoordinator Dinporapar Trisman, beserta HPI (Himpunan pramuwisata Indonesia dan FKDW (forum komunikasi desa wisata kabupaten purworejo serta PokDarwis Desa Megulungkidul dan para pelaku UMKM.


Pada KoranPURWOREJO Kades Megulung Kidul Malik Khairul Anam menjelaskan bahwa yang ia lakukan merupakan program kompetisi paket desa wisata alam dan kuliner. Lalu kini dinamakan Dusun Sabin dan Taman Anggur

" Alhamdhulilah masuk dalam kategori calon desa wisata, prisesnya sudah berjalan 3 tahun". Ungkap Anam


Di Dusun Sabin Taman Anggur desa Megulung Kidul  merupakan destinasi wisata di area persawahan. Mengusung konsep  Agrowisata perpaduan panorama alam,pertanian kuliner dan UMKM.


" Para pengunjung di Megulung Kidul juga dilengkapi Fasilitas Edukasi : Diantaranya  budidaya anggur,pembuatan minyak kelapa,kerajinan batik tulis, perikanan, pembuatan krupuk rambak, pembuatan cutton bath, bahkan budidaya ulat hongkong " kata Kades Anam.


Sementara Direktur Bumdes Megulung Kidul. Hamzah  menjelaskan bahwa Dusun Sabin dan Taman Anggur tersebut berfisi ingin meningkatkan kesejahteraan Serta meningkatkan kesadaran untuk kreatif. Yang nantinya Dusun sabin bisa jadi sumber incame bagi warga desa megulungkidul.


Pelaku UMKM Warga setempat


Menurut kades megulung kidul, Malik Khairul Anam Selain paket desa wisata Dusun Sabin dan Taman Anggur, didalamnya ada Agrobisnis Anggur, Coffee Shop yang merupakan transeeter kaum melinial.

Ada kuliner olahan ikan menjadi sajian andalan. Mangut gabus, Nila bakar, Bawal bakar, Gurame bakar. Serta Produks UMKM.

Hidangan olahan menu ikan gurame dan Ikan gabus ala ndeso.

"Kami sedang siapkan tempat pentas kesenian yang di putari bangunan Gasebo. Juga segera akan kami buat tempat untuk memajang produk UMKM warga " Imbuh Anam.

Anam juga berbangga bahwa potensi kesenian masyarakatnya sangat mendukung. Diantaranya memiliki Grup Jaran Kepang Catur Budaya, Rebana Jawa Jam Janeng, ada juga Seni Gejlog Lesung. Ternyata juga dilengkapi  fasilitas Kereta wisata, Pemandu wisata.

Sutrisman Dinporapar Terkesima

Menanggapi hal tersebut Trisman dari Dinporapar,  mengatakan

" Kesimpulan Uji paket desa wisata Megulung Kidul di Taman anggur. Ide dan faktanya Sungguh kreatif. Karena berkait dengan  pemberdayaan ekonomi kreatif  masyarakat ", kata Trisman. (Nang Tirta)


No comments:

Post a Comment