Bupati Terima Penghargaan Menkeu, Raih WTP Kesepuluh Kali. - Koran Purworejo

Breaking










Friday, September 23, 2022

Bupati Terima Penghargaan Menkeu, Raih WTP Kesepuluh Kali.



KoranPURWOREJO.COM

JAKARTA  - Pemerintah Kabupaten Purworejo menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas perolehan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10 kali berturut-turut, sejak tahun 2012 hingga 2021.


Menteri  Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyerahkan secara langsung penghargaan tersebut kepada Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Pemerintah Tahun 2022 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta, Kamis (22/9/2022).


Apresiasi ini diberikan oleh pemerintah kepada seluruh Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang meraih Opini WTP atas laporan keuangan yang telah disusun. Dengan kategori Penghargaan WTP Minimal 15 Kali Berturut-turut, WTP Minimal 10 Kali Berturut-turut, WTP Minimal 5 Kali Berturut-turut dan Penghargaan WTP Atas Laporan Keuangan Tahun 2021.


Dalam sambutannya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengucapkan selamat kepada seluruh peraih penghargaan WTP kepada kementerian, lembaga, pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan kota. Menurutnya, pencapaian yang ada saat ini merupakan suatu yang luar biasa, mengingat bagaimana upaya Indonesia dalam membangun tata kelola keuangan negara yang akuntabel, transparan dan bertanggung jawab.

Ia berharap raihan ini tidak hanya sekedar status, namun yang sangat penting bagaimana agar APBN dan APBD benar-benar bermanfaat sebagai instrument keuangan di pusat dan daerah. "Tahun ini kita telah mencatat makin banyak kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dapat WTP. Untuk daerah adalah 92,25 persen, naik dari tahun sebelumnya yang sebesar 89,7 persen atau 500 daerah telah meraih WTP," terangnya.



Bupati Agus Bastian saat ditemui usai acara mengatakan bahwa dirinya merasa senang atas apresiasi yang diberikan Kemenkeu tersebut. Menurutnya, prestasi ini diraih berkat kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam mengelola keuangan daerah.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Purworejo, yang telah berupaya keras agar WTP yang kesepuluh ini dapat kita raih," kata Bupati didampingi Kepala BPKPAD Purworejo Agus Ari Setiyadi SSos. (Rd/ Nang)

No comments:

Post a Comment