Patung Tokoh Super Hero di Alun-alun Purworejo Viral Ditonton Jutaan Netizen. - Koran Purworejo

Breaking




Saturday, May 14, 2022

Patung Tokoh Super Hero di Alun-alun Purworejo Viral Ditonton Jutaan Netizen.

 

KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO - Masyarakat purworejo dibuat heboh dengan viralnya patung super hero yang menyerupai sosok pahlawan avenger di alun-alun purworejo jawa tengah.

Patung tersebut dibuat dengan konsep unik agar menjadi daya tarik  tersendiri, bahkan,di jagat media sosial, salah satu video yang menunjukkan keunikan salah satu patung superhero dengan kearifan lokal ini telah ditonton lebih dari satu juta lebih pengguna tiktok.

 Patung tersebut menjadi objek swafoto bagi masyarakat purworejo maupun luar purworejo, jumat sore, 13/05/22.


Inilah penampakan patung karikatur sosok superhero marvel Avenger, Spiderman, Batman, Superman, yang ada di sekeliling kompleks alun-alun kabupaten purworejo, jawa tengah.


Berbeda dengan tokoh aslinya yang garang dan bersifat penolong dari kejahatan dan penindasan kaum lemah, kali ini unik untuk patung tersebut nampak menggendong anak kecil berkostum sama mengenakan kain jarik sambil memegang makanan seakan menggambarkan seorang bapak yang tengah menyuapi anaknya.

Patung inilah yang sejak beberapa hari terakhir viral di jagad sosial media, khususnya tik tok dan Instagram, postingan video seorang warga dengan latar patung ini mendulang satu juta lebih like  dan tiga puluh enam ribu lebih komentar, video viral ini juga telah dibagikan lebih dari tiga puluh satu ribu kali oleh netizen.

Hingga jumat sore, masih saja ada warga yang menyempatkan diri untuk datang ke alun-alun purworejo untuk sekadar berswafoto dengan patung viral ini, warga mengaku penasaran dengan penampakan patung yang telah viral di jagad sosial media ini.


Dini selaku pengunjung menjelaskan, memang jni cukup bagus, terutama untuk pendatang. Kaya kemarin lebaran juga pada datang ke sini foto foto mesti bagus. Ada hal yang baru. Kan sebelumnya nggak ada. Karena saya lihat dari instagram dan tiktok, semuanya pada upload gitu. Foto dengan patung patung ini terus tertarik. Saya dengan teman saya jauh-jauh dari Bruno dengan menempuh waktu setengah jam, penasaran hanya ingin bisa foto dengan patung tokoh superhero,yang ada di alun-alun purworejo. Viralnya udah dari kemarin tapi baru sempat datang ke sini. Ya kalau tanggapannya cukup bagus untuk anak anak  dan remaja bahkan orang tua ada media tempat berswafoto yang keren.”jelasnya.

Selain patung spiderman menggendong anak, terdapat pula patung superman berjubah kain sarung yang tengah duduk sambil bermain layangan, sama halnya dengan patung spiderman, patung ini juga menyedot daya tarik warga untuk sekadar berswafoto bersama patung yang terkesan penuh kearifan local.


Ada pula patung tokoh batman  sangat gagah perkasa yang duduk di bangku taman sambil bermain ketipung yang terbuat dari kaleng makanan ringan, tiga patung super hero unik ini memang sengaja dibuat oleh dinas pemuda olahraga, dan pariwisata kabupaten purworejo.


Stephanus aan, kepala dinas pemuda olahraga dan pariwisata Purworejo menjelaskan bahwa purworejo menghadirkan sosok permainan anak anak berupa superman membawa layang layang.kemudian ada spiderman momong bayi dengan selendangnya. ini alun alun itu public space,pesannya mari jadikan alun alun sebagai public space dan ruang keluarga juga. 

Orang tua bermain dengan anaknya di sana. Kemudian patung terakhir ada batman yang bermain ketipung. jangan lupa apapun budaya dari luar kita punya budaya sendiri, budaya lokal, ketipung merepresentasikan dangdut dari indonesia.  intinya dengan tematik superherho mengangkat lokal wisdom tujuannya agar alun alun semakin ramai tapi edukasi kearifan lokal tetap terjaga.patung tersebut jadi tempat berswafoto bahkan kaget sekarang viral di media sosial.”tegasnya.

Patung-patung ini dibuat selain sebagai penyegaran tematik alun-alun purworejo, juga memiliki pesan tersendiri, setiap patung memiliki pesan yang berkaitan dengan kearifan lokal baik secara daerah di purworejo, maupun secara nasional di Indonesia.

Melalui patung-patung ini, pemkab purworejo berharap alun-alun purworejo bisa dijadikan sebagai tempat yang makin ramai namun tetap memberikan edukasi kepada masyarakat purworejo, rencananya, tematik alun-alun purworejo akan terus di update setiap tahunnya agar memberikan suasana baru, utamanya pada masa liburan.

(Nang tirta)

No comments:

Post a Comment