Hari Satwa Nasional Bupati Tandai Tanam 1550 Pohon di Heroes Park - Koran Purworejo

Breaking






Friday, November 5, 2021

Hari Satwa Nasional Bupati Tandai Tanam 1550 Pohon di Heroes Park

 

KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO,Dalam rangka Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan kegiatan penanaman pohon di lingkungan Heroes Park, Jum'at (05'11/2021). 


Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, yang didampingi sejumlah pejabat terkait.

Pada peringatan tersebut dilakukan penanaman sebanyak 1550 bibit, yang juga dilaksanakan secara serentak di semua Perangkat Daerah dan Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Purworejo.


 Bupati juga meninjau proses pembangunan shelter kuliner yang ada di kawasan Heroes Park. Direncanakan shelter tersebut akan digunakan untuk menampung para pedagang yang sehari-hari berjualan di area tersebut.


Dikatakan Bupati, tanggal 5 Nopember telah ditetapkan sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) oleh Presiden Soeharto melalui Keppres Nomor 4 Tahun 1993. 

“Sejarah peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional penting untuk diketahui, mengingat potensi alam Indonesia yang menduduki peringkat kedua dari 12 negara teratas dalam hal jumlah kekayaan jenis dan endemisitas,” katanya. 


Bupati mengatakan, dengan memahami Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional diharapkan ada gerakan nyata setiap tanggal 5 November, untuk melestarikan alam dan lingkungan. Puspa dan satwa sebagai bagian dari keanekaragaman hayati merupakan modal penting bagi pemenuhan kebutuhan dasar manusia serta penjaga keseimbangan ekosistem.


 "Apalagi Indonesia menjadi salah satu negara megabiodiversity di dunia. Pada kenyataannya, keanekaragaman hayati saat ini juga menjadi motor penggerak sektor pariwisata," ungkapnya.

 Menurutnya, "Jika setiap orang merasa terpanggil untuk menanam satu bibit pohon saja, maka sungguh merupakan suatu langkah yang luar biasa,” tandasnya.


Nang Tirta.

No comments:

Post a Comment