SONGSONG HARI JADI , SMA NEGERI 10 OPTIMIS BERPRESTASI - Koran Purworejo

Breaking

 






Monday, November 16, 2020

SONGSONG HARI JADI , SMA NEGERI 10 OPTIMIS BERPRESTASI



KORANPURWOREJO.COM

Pituruh

 -  SMA Negeri 10 Purworejo  yang berada di Desa Kalikotes Kecamatan Pituruh , Kab  Purworejo , dalam rangka menyongsong hari jadinya. 

 Selasa ( 17/11/2020) pihak sekolah mengadakan Launching hari jadi SMAN 10, dari hasil penggalian sejarah berdirinya sekolah tersebut. 

 Dengan mengundang berbagai tokoh dan elemen yang menguatkan data dan kesaksian berdirinya sekolah tersebut.  Sebelumnya telah ditempuh diadakan penggalian data kesejarahan, dimaksudkan sebagai langkah untuk menetapkan hari jadi SMA Negeri 10.


Tampak hadir dari tokoh  pendiri,  komite  SMA 10 , yaitu: Drs. H. Sugito, Heri, Sarmin, Salamun, Erma K, H. Drs. Budiman (Kepala Sekolah Pertama), Arif Ardianta, Kuswantoro dan tamu undangan lainnya.


Kepala Sekolah SMA Negeri 10 Dra. Setyo Mulyaningsih, M.Pd, setelah mendapat data kesejarahan dari berbagai pihak atas penggaliannya.

Menjelaskan , bahwa  awal mula rintisan berdirinya SMAN 10  yaitu di tahun 1997-1998 . Dijelaskan, dari  persiapan, hingga peresmian dan pembelajaran pertama saat itu.


Atas berbagai masukan dari sumber data yang mendukung kesejarahan, serta melalui kajian dan regulasi yang ditempuh, maka kepala SMAN 10 Purworejo, Dra. Setyo Mulyaningsih, M.Pd. B.I. dalam sambutannya menyampaikan bahwa penetapan Hari Jadi SMAN 10 Purworejo merupakan sebuah bentuk  apresiasi atas kiprah dan perjuangan para pendahulu sekaligus mengapresiasi berbagai pertanyaan para alumni dan masyarakat tentang hari jadi SMAN 10 Purworejo. 


SMAN 10 Purworejo yang kita kenal sekarang menurut kronologi catatan sejarahnya bermula dari SMU Negeri 1 Pituruh yang dirintis Tahun 1997. Pada waktu itu pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran meminjam tempat di SMP Negeri 20 Purworejo. Baru setelah pembangunan gedung siap dipergunakan meski masih bersifat sederhana, KBM berpindah di Desa Kalikotes. 


Tepat pada tanggal 5 Januari 1999 , Pemerintah Pusat melalui Surat Izin Operasional mengesahkan pendirian SMU Negeri 1 Pituruh. Dasar ketetapan dan bukti autentik Surat Pendirian inilah yang disepakati bersama untuk ditetapkan menjadi Hari Lahir sekaligus Hari Jadi SMAN 10 Purworejo.

Dan pada tanggal tersebutlah, sepakat tetapkan sebagai hari Lahir/ hari jadi SMA Negeri 10 Purworejo.

Disaksikan Kepala sekolah pertama, guru yang pertama mengajar, serta alumni, maka  hari jadi SMAN 10 , tanggal  5 Januari pun disepakati dilaunching sekalian.


Silahkan bila di tahun besok di tanggal 5 Januari kita meriahkan HUT SMA Negeri 10 Purworejo ini dengan acara yang lebih meriah.  Kelak bisa untuk pertemuan Alumni dan  Guru. 

Dengan mengusung tema  Optimis Mewujudkan Sekolah Berprestasi & Berkarakter.



 Ketua panitia sekaligus Humas Sugiarto mengatakan, 

"Alhamdulillah walau hanya mengadakan acara sederhana , sebegini , akhirnya bisa menentukan hari jadi SMA Negeri 10 ini. 


Semoga dengan tema optimis sebagai sekolah berprestasi dan berkarakter, akan menjadi  sekolah yang kian terus maju." Ungkapnya.


Pada kesempatan tersebut, Ketua Komite H.Drs Sugito,  mengucapkan selamat ' bahwa Hari Jadi SMA Negeri 10 Purworejo telah bisa ditentukan. Ungkapnya.


"Kedua, saya sampaikan,  kita semua jadi mengenal  sejarah yang ada. Bagaimana awal mula dulu , disaat tahun pertama saya berkiprah di SMA Negeri 10 Purworejo ini." Ungkap Sugito.


KoranPurworejo.Com memperoleh informasi, meskipun berada jauh dari ibu kota Kabupaten. Murid murid SMA Negeri 10 sering menyabet gelar dalam berbagai lomba tingkat Kabupaten bahkan Propinsi. Para lulusannya juga banyak yang masuk di Perguruan Tinggi Negeri.  ( Roh/ sts)

No comments:

Post a Comment