KETUA KOMISI 1 DPRD LUHUR TRI ENDRO SADEWO, SP, MAP, MENUTUP PURWOREJO BOOK FAIR 2022 - Koran Purworejo

Breaking




Monday, November 21, 2022

KETUA KOMISI 1 DPRD LUHUR TRI ENDRO SADEWO, SP, MAP, MENUTUP PURWOREJO BOOK FAIR 2022


KoranPURWOREJO.COM  PURWOREJO -  Ketua Komisi 1 DPRD II Purworejo LT Endro Sadewo SP.MAP. Disaksikan Wakil Bupati Yuli Hastuti SH dan para pejabat eksekutif. Menutup Pekan Book Fair Th 2022  yang diselenggarakan  selama 3 hari ( 18 -19 -20 Nop 2022 ) oleh Pemkab Purworejo melalui Dinas Perpustakaan Daerah Purworejo. 


Endro Sadewo SP. MAP Mengatakan

 " Membaca buku merupakan aktivitas yang mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia.

Hal itu dikarenakan buku menjadi satu di antara sumber pengetahuan yang bisa menambah wawasan. Rutin membaca buku juga dipercaya mampu menggali berbagai ilmu pengetahuan . Serta meningkatkan konsentrasi dan empati seseorang " Demikian dikatakan  Endro Sadewo.SP MAP.


(Wakil Bupati Yuli Hastuti & Endro Sadewo MAP, Ditengah para juara kegiatan  literasi).


Saat diwawancarai KoranPURWOREJO.COM 

Endro Sadewo SP.MAP menambahkan.

 " Bung Hatta, sang proklamator, pernah berpesan, ”Aku rela dipenjara berulang kali asal ditemani buku, karena dengan buku aku merasa jadi manusia bebas.” Begitu pentingnya arti buku dalam hidup Bung Hatta, sehingga beliau takut terpisah lama dengannya. Tapi kalau kini Bung Hatta masih hidup, pasti beliau akan sangat prihatin dengan temuan riset beberapa lembaga tentang buruk dan lemahnya minat membaca buku generasi muda Indonesia sekarang. Padahal, e-book digital kini banyak tersedia gratis. Tinggal klik, langsung bisa membacanya.

Unesco belum lama mensurvei minat baca di 72 negara, dan Indonesia berada pada posisi yang ke-62. Sangat rendah dibanding negara lain. Riston Batuara, Direktur YIP dan dosen STII Yogyakarta dalam risetnya, kalau Amerika warganya disurvei, setahun baca buku sampai tuntas 15 buku, Jepang 10 buku, dan rerata negara Asia 3 buku tuntas dibaca setahun. Sementara orang Indonesia, setahun belum tuntas baca satu buku." Tandas Endro Sadewo .


Sementara Kepala Dinpusip Dra Eni Sudiyati MM menjelaskan kegiatan Book Fair memang untuk menumbuhkan minat baca masyarakat, ajang promosi dan memperkenalkan gedung perpustakaan baru.Baik layanan maupun kegiatan. 

Suasana pengunjung Book Fair 

Kegiatan Book Fair, selain lomba bercerita diisi dengan lomba mewarnai, penayangan video profil, pelatihan ukir sendal, menulis berita dan publik speaking. Intinya untuk meningkatkan.minat baca" jelasnya.


Pada acara penutupan Book Fair tersebut juga sekaligus diumumkan para pemenang berbagai kegiatan lomba literasi. 

Sekaligus pembagian Tropi kejuaraan dan sekaligus pemberian hadiah uang pembinaan bagi para juara.


Pada Akhir penutupan Book Fair tersebut Minggu malam ( 20/11/2022)  Ketua Komisi 1 Endro Sadewo SP.MAP mengatakan.


"Dengan Purworejo Book Fair 2022 saya berharap minat membaca dan gemar literasi generasi muda di Kabupaten Purworejo meningkat. 

Tak lupa ,Apresiasi dan ucapan terimakasih atas kerja sama dari semua pihak sehingga Purworejo Book Fair 2022 bisa terselenggara dengan baik.

Maka dengan mengucapkan syukur Alhamdulilah, dengan ini Book Fair 2022 resmi saya tutup". (Sts).


No comments:

Post a Comment