HEBAT ! SMK ii Kutoarjo, Juara lomba Electrical Competition di Unversitas Tidar - Koran Purworejo

Breaking




Sunday, November 20, 2022

HEBAT ! SMK ii Kutoarjo, Juara lomba Electrical Competition di Unversitas Tidar




KoranPURWOREJO.COM

Magelang - Setelah sukses merakit mobil listrik dan robot light follower, jurusan Tenik Instalasi Listrik (TITL) SMK Institut Indonesia (ii) Kutoarjo berhasil menjuarai lomba Electrical in Compettition yang diglear oleh Universitas Negeri Tidar, Jum’at (18/11).

Bupati Agus Bastian memberikan apresiasi sangat tinggi pada SMK ii Kutoarjo.


Menurut Kepala Jurusan TITL SMK ii, Shinta Kususmastuti, M.Pd untuk menjuarai lomba tersebut siswanya harus bersaing dengan berbagai SMK se Karesidenan Kedu.

Sistem seleksi penentuan juara ada dua tahap. Tahap pertama, tanggal 16 November, melalui daring, siswa mengerjakan ragkaian Programmable Logic Controller (PLC) dan diobservasi dari video secara online oleh pihak universitas.”

Tim TITL SMK ii Kutorjo

Ditambahkan Shinta, PLC merupakan suatu mikroprosesor yang digunakan untuk otomasi proses industri seperti pengawasan dan pengontrolan mesin. Kehadiran PLC memungkinkan industri untuk menciptakan sistem terpusat sehingga kegiatan dalam industri menjadi lebih efektif dan efisien. PLC didesain sedemikian rupa untuk memudahkan penggunanya dalam mengatur berbagai kegiatan industri. 

Dari tahap satu ini diambil 5 besar untuk mengikuti babak final yang diselenggarakan secara lansung di Universitas Tidar pada tanggal 18 November. Dan SMK ii meraih juara 2, juara 1 SMK Muhammadiyah Mungkid dan juara 3 diraih oleh SMK N 1 Magelang.”


Dijelaskan Shinta, ditahap dua perlombaan dilaksanakan dari jam 08.00 hingga jam 20.00 malam. Materi cukup menantang, selain PLC juga perakitan motor dan panel yang diahiriri dengan presentasi pemaparan hasil rangkaian. Jadi sangat terlihat mana team yang benar-benar paham dan tidak. Peluang Jurusan untuk era industri ini akan sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk instalasi penerangan dan pabrik tapi juga di dunia otomotif, pungkasnya.

Ahmad Efendi, siswa kelas 12, mewakili team mengatakan dirinya sangat senang mengikuti kejuaraan tersebut. Bukan hanya mendapatkan trophy dan sertifikat, tetapi pengalaman belajar dan berjuang menyelesaikan masalah itu yang sangat berharga, ungkapnya.(sts)

No comments:

Post a Comment