DIUSULKAN KE DPR RI, SEDAYU LOANO JADI SENTRA KABING JAWA RANDU - Koran Purworejo

Breaking










Monday, October 11, 2021

DIUSULKAN KE DPR RI, SEDAYU LOANO JADI SENTRA KABING JAWA RANDU



KORANPURWOREJO.COM

Purworejo

Wakil Ketua Badan Pertimbangan MPR yang sekaligus Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Jateng VI, Ir Panggah Susanto MM, menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan sekaligus menyerap aspirasi masyarakat.


 Dalam kegiatan yang dipusatkan di Dusun Wonosari, Desa Sedayu, Kecamatan Loano pada Sabtu (09/10/2021) menyerap bantak usulan warga Sedayu Loano.

 Acara dihadiri Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani SE MIP, Forkopimcam Loano, para kepala desa sekitar dan para ketua kelompok tani dan perwakilan masyarakat.



Wabup Yuli Hastuti mengatakan, saat ini bangsa Indonesia tengah berada dalam kondisi ekonomi dan politik global yang tidak menentu. Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) telah mengancam segala aspek kehidupan masyarakat.


"Sudah seharusnya dalam kondisi ini kita memperkokoh nilai-nilai kebangsaan melalui empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, " katanya. 


Selain Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila juga menjadi sumber dari segala sumber hukum. "Hal itu mengamanatkan bahwa Pancasila adalah inti terdalam yang menjadi sumber penyusunan semua produk hukum. Sehingga semua peraturan perundang-undangan harus selaras, tunduk, dan tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila,"  tandas Yuli 


Sementara Ir Panggah Susanto MM menjelaskan, sosialisasi empat pilar kebangsaan adalah program pemerintah yang cukup penting, dikarenakan berperan membangun kesadaran setiap warga negara.


"Sebagai wakil rakyat juga tidak boleh luput untuk mengedepankan aspirasi masyarakat, " ungkapnya. 


Selain acara sosialisasi empat pilar, dilaksanakan beberapa kegiatan lainya di antaranya peninjauan Program P2L (Pemanfaatan Pekarangan Lestari). Dikatakan bahwa program ini bertujuan agar masyarakat mampu memanfaatkan lahan yang kosong menjadi lahan tanam yang konsumtif bahkan bernilai ekonomi. 


Masyarakat Sedayu berdasarkan geografis dan keadaan lingkungan mengusulkan supaya dijadikan sentra kambing Jawa Randu.


“Tadi ada yang mengusulkan agar desa Sedayu dijadikan sentra ternak kambing jawa randu,

Saya sambut baik aspirasi ini.

 Lalu ada juga potensi tanaman panili. Informasi seperti demikian ini akan kami komunikasikan dengan pemerintah supaya programnya sesuai dengan kondisi lapangan dan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.


Panggah Susanto menambahkan, dirinya juga sedang mengupayakan bantuan bagi para nelayan di Kabupaten Purworejo. Bantuan diantaranya berwujud kapal, jaring, dan peralatan lainya akan diupayakan untuk memberikan stimulan pada nelayan.


(Nang).

No comments:

Post a Comment