Transformasi Pemasaran Berbasis Digital, Masa Pandemi Covid-19 - Koran Purworejo

Breaking

Total Pengunjung Situs

Sunday, June 27, 2021

Transformasi Pemasaran Berbasis Digital, Masa Pandemi Covid-19

Gambar Ilustrasi

KORANPURWOREJO.COM 

Masa pandemi covid-19 merubah berbagai kegiatan disekitar kita, perubahan begitu cepat berlangsung. Misalnya, perubahan dibidang bisnis online (serba digital) yang sekarang banyak diminati oleh masyarakat luas, bisnis online akan terus berkembang seiring berjalannya zaman.

Penulis Artikel : Sayful Malik Fajar


Industri usaha kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu tulang punggung ekonomi negara. Bahkan, pertumbuhan UMKM meningkat 6% setiap tahunnya.

Di masa pandemi covid-19 saat ini menjadi momentum yang tepat bagi UMKM untuk bertransformasi ke arah digital. Hal ini dikarenakan, adanya perubahan perilaku berbelanja konsumen yang mulai berpindah ke arah digital.

Sayangnya, beberapa pelaku bisnis masih enggan mengenal teknologi internet untuk mengembangkan bisnisnya. Padahal di era saat ini, teknologi memiliki peran penting dalam kemajuan sebuah bisnis.

Manfaat Pemasaran Digital
Beberapa contoh manfaat pemasaran digital yaitu dapat menjangkau Audiens lewat media sosial, sehubung di era sekarang masyarakat lebih cenderung menghabiskan banyak waktunya di media sosial dan banyak pula dari beberapa masyarakat berbelanja setelah melihat pada halaman yang muncul pada aplikasi media sosial tersebut. Dari situ, banyak pengusaha yang memanfaatkan peluang tersebut untuk membuat strategi promosi di media sosial mereka agar dapat menarik perhatian calon pembelinya.

Peluang Sosial Media
Selain media sosial, transformasi pemasaran bisnis dapat memanfaatkan juga pada bidang layanan aplikasi belanja online atau sering disebut Maketplace. Dengan adanya Marketplace, peluang pebisnis sekarang dalam mendapatkan calon pembeli sangatlah besar. Selain itu manfaat belanja online juga memudahkan pembeli dalam bertransaksi apalagi pada masa pandemi seperti sekarang. 

Nama: Sayful Malik Fajar
Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

No comments:

Post a Comment