KONSUMSI KELAPA MUDA BISA HINDARKAN PENYAKIT JANTUNG & GINJAL - Koran Purworejo

Breaking










Sunday, May 16, 2021

KONSUMSI KELAPA MUDA BISA HINDARKAN PENYAKIT JANTUNG & GINJAL


KORANPURWOREJO.COM

Pada Rubrik Gaya Hidup KoRan Purworejo. Menurunkan tulisan tentang  'Ragam Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Manusia'.

Ternyata air kelapa muda mengandung : Karbohidrat, Serat, Protein, Vitamin C, Mineral, seperti magnesium, kalium, dan kalsium Serta Antioksidan.

Namun pengkonsumsiannya tidak dibenarkan terlalu berlebihan. Karena air kelapa juga termasuk  berkalium,berkalsiun tinggi.


Sebagai sir tumbuhan. Selain menghilangkan dahaga, air kelapa dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa yang dapat Anda peroleh:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Air kelapa mengandung beragam antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Meski demikian, manfaat air kelapa ini masih perlu dikaji lebih lanjut.


2. Meningkatkan stamina

tubuh.Tak hanya memberikan efek menyegarkan, air kelapa juga dapat meningkatkan stamina tubuh. Hal ini berkat kandungan karbohidrat di dalam air kelapa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi, sehingga Anda pun bisa lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.


3. Mencegah dehidrasi. 

Air kelapa juga kerap digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mengatasi dehidrasi ringan. Meski demikian, Anda tetap dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya untuk mencegah dehidrasi. 

4. Menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung

Air kelapa dipercaya memiliki efek yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mengurangi penumpukan lemak yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan serangan jantung.


5. Mencegah penyakit batu ginjal

Sebuah studi menyebutkan bahwa air kelapa dapat mencegah penumpukan kristal yang menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Hal ini menjadikan air kelapa diyakini efektif untuk mencegah batu ginjal.


6. Menurunkan tekanan darah

Manfaat air kelapa diduga baik untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Meski demikian, manfaat air kelapa untuk menurunkan tekanan darah ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.


Cara Mengonsumsi Air Kelapa yang Tepat


Untuk mendapatkan manfaat air kelapa secara maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi air kelapa murni yang diperoleh langsung dari buah kelapa. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan saat mengonsumsinya.

Jika Anda mengonsumsi air kelapa kemasan, pastikan kemasan tidak rusak dan perhatikan kembali kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kebanyakan air kelapa kemasan sudah tidak lagi murni dan diberi perasa atau gula tambahan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu tidak baik bagi kesehatan.

Anda bisa menyimpan air kelapa kemasan di dalam kulkas agar tetap terjaga kesegarannya. Namun, bila sudah dibuka, segera habiskan air kelapa kemasan tersebut setidaknya dalam waktu 24 jam.

Apabila Anda mengalami keluhan setelah mengonsumsi air kelapa, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, konsultasikan keluhan Anda ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan.


Ditinjau oleh dr. Agustin

No comments:

Post a Comment