HEBAT, SMKN 4 PURWOREJO , BANTU 12 UNIT KAPAL DI 5 KECAMATAN RAWAN BANJIR - Koran Purworejo

Breaking










Friday, November 27, 2020

HEBAT, SMKN 4 PURWOREJO , BANTU 12 UNIT KAPAL DI 5 KECAMATAN RAWAN BANJIR


KORANPURWOREJO.COM

Purworejo

Bertempat di SMK Negeri 4 Purworejo telah dilakukan penyerahan bantuan kapal hasil project work  karya para siswa. Diberikan kepada 12 desa di 5 kecamatan di kabupaten Purworejo . Yang meliputi Camat Ngombol, camat Purwodadi, Camat Butuh, Camat Bagelen dan Camat Grabag. 


Penyerahan bantuan  dilaksanakan pada Kamis (26/11/2020) di SMK Negeri 4 Purworejo.  Disaksikan Kepala BPBD Kabupaten Purworejo, Cabang Dinas Pendidikan wilayah VII, Forkompincam Kecamatan Ngombol, MKKS SMK Kabupaten Purworejo, Camat dan kepala desa penerima bantuan.

Suasana acara penyerahan 12 kapal.


Dalam keterangannya,  kepala SMK Negeri 4 Purworejo, Purwanti, S.Pd. M.Par menyampaikan,  bahwa 12 unit kapal untuk evakuasi korban banjir tersebut, merupakan wujud kepedulian SMKN4  terhadap  lingkungan di sekitar wilayah sekolah.

Dengan harapkan bantuan kapal tersebut dapat dimanfaatkan dalam situasi banjir.


"Dalam penentuan desa desa yang memperoleh bantuan tersebut SMK Negeri 4 Purworejo berkerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPPD) Kabupaten Purworejo." Imbuh Purwanti, S.Pd. M.Par


Kapal yang terbuat dari bahan drum bekas tersebut sudah didesain sedemikian rupa sehingga dapat menampung maksimal 6 orang dewasa dalam kondisi stabil di atas air. Kapal ini merupakan hasil Project work taruna Kompetensi keahlian NKPI dan TKPI yang dikerjakan selama kurang lebih 2 bulan sebagai pengganti PKL yang tidak dilaksanakan dalam masa pandemic ini. 


Pada kesempatan tersebut Purwanti S.Pd. M.Par juga menyampaikan bahwa sebanyak 168 taruna SMK Negeri 4 Purworejo baru saja menyelesaikan Diklat Ketrampilan Pelaut di Poltekpel Surabaya. Kegiatan diklat tersebut murni dibiayai oleh pemerintah melalui Poltekpel Surabaya, sehingga taruna tidak dibebankan biaya diklat. Sertifikat yang diperoleh adalah sertifikat Basic Safety Training (BST), Sertifikat Safety Awarenes Training (SAT), sertifikat Advance Fire Fighting (AFF) dan Buku Pelaut, sebagai bekal nantinya kalo taruna sudah lulus dari SMK Negeri 4 Purworejo untuk memperoleh pekerjaan." Urainya. 

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan secara simbolis sertifikat hasil diklat ketrampilan pelaut. Kepada taruna NKPI Arif Budi Ruhul Hidayat dan taruna TKPI Febriyan Triyantoro.


Kepala BBPD kabupaten Purworejo, Drs. Sutrisno, Msi, menyambut baik bantuann tersebut.  " Di kabupaten purworejo terdapat 325 desa rawan bencana. Semoga akan manfaat bagi desa yang sering terdampak banjir. Dan semoga Purworejo kelak  bisa menjadi sekolah rujukan untuk bidang kelautan dan perikanan", Harspnya. ( Rohadi) .


No comments:

Post a Comment