SMAN 10, GELAR SMANDASA’S GOT TALENT #5 - Koran Purworejo

Breaking










Friday, January 6, 2023

SMAN 10, GELAR SMANDASA’S GOT TALENT #5

 

KoranPURWOREJO.COM

Pituruh Purworejo - Dalam rangka menyambut HUT SMAN 10 yang Ke 24 ,digelar event SMANDASA'S GOT TALENT#5.

Acara bertajuk pertunjukan seni dan kegiatan sosial ini, nyaris semua ditangani oleh siswa siswi yang tergabung dalam Event Organiser (EO) SMANDASA.

Kepala Sekolah SMAN 10 DraSetyo Mulyaningsih M.Pd.B.I membenarkan hal tersebut. Karena event tahunan yang sudah digelar  ke 5 kali ini, sekaligus untuk mendidik anak  mempraktekkan ilmu yang sudah didapat. Supaya kelak dikemudian hari mereka paham bagaimana menggelar suatu acara dengan menejemen yang benar.


Acaranya  digelar Hari Sabtu ( 7/1/2023 ) dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah Pukul 07.00 WIB hingga malam hari pukul 21.00 Wib. Bertempat di area publik terbuka / di halaman SMAN 10 di Kalikotes Kec Pituruh Purworejo. Kegiatan tersebut selain melibatkan seluruh akademik sekolah, juga melibatkan masyarakat dan Karang Taruna desa Kalikotes Pituruh

Foto dokumen

Ditambahkan oleh guru pembimbing mata pelajaran Seni Budaya Bangun Tri Sujanto.Spd  acara Smandasa's Got Talent #5 ini merupakan praktek riel diselenggarakan  seluruhnya oleh siswa kelas XII. Melalui EO bentukan Smandasa. Anak anak berperan sesuai pilihan passionnya.

Sebagai contoh, ada anak yang suka mendalami menejemen. Ada pula yang suka ke dunia pertunjukannya. Serta seni lainnya.

Pada perhelatan yang bertajuk SMANASA'S GOT TALENT #5 tersebut. Akan disajikan berbagai pertunjukan.


Diantaranya : Ada show Paskibra, Seni Tari, Seni Sastra Geguritan, Pencak Silat, dan Bazar yang diikuti seluruh siswa Kelas X,XI dan XII.


Event acara ini juga bakal diramaikan Band/ Kelompok seni dari luar sekolah.

Diantaranya  Popokho  Pamrihan  beraliran Melayu , New Sembaka  Dangdut Kalijering ,Sevenshine  Band Pop Alternatif Pituruh.

Serta Dr. Bluilder Band, beraliran instrumen Rock dari Purworejo, Boluku Koes beraliran POP dari kebumen. Serta Orkes Patah Hati  dari Kutoarjo, yang mengusung lagu lagu ambyar , beraliran Koplo.

"Panitia telah menyediakan panggung  8 x 6 meter untuk unjuk kebolehan yang serba menghibur. Dapat dipastikan acara Smadasa's Got Talet#5 bakal ini bakal menarik untuk dikunjungi para alumnus SMAN 10, serta para pelajar dan masyarakat. Untuk tertibnya acara, pengunjung yang masuk diatur oleh EO dengan sistem tikèting" ,kata Bangun.


Didapat keterangan, event ini sebagai syarat ketentuan akademik sekolah. Event ini sudah berlangsung selama 4 season, ini kelima kalinya dan pertama kalinya bertakjub orkestra di Purworejo.

Sebagaimana dulu digelar Joglo Symphony , suatu kumpulan pemain musik yang didalamnya banyak pemain. Artinya banyak kelompok instrumen musik, seperti  tiup, pukul, gesek dan petik. Kemudian dilanjutkan dengan vokal paduan suara.


"Pengalaman yang didapatkan siswa dari Smandasa's Got Talent #5 ini, pertama berpengalaman membuat suatu penyelenggaraan acara. Membangun dedikasi yang  tinggi terhadap apresiasi seni"


Dengan event tersebut  siswa bisa bermain musik bisa menyalurkan bakat. Selain itu siswa mendapat pengalaman nyata. 

Selain itu siswa mendapat point plus, sehingga point plus tersebut jika siswa tersebut sudah lulus dari SMA nantinya bila mau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, mereka sudah mempunyai bekal tersendiri.


" Harapan kedepannya siswa bisa untuk melanjutkan talent tersebut di bidang seni tentunya, bisa melanjutkan ke Universitas sesuai jurusannya, baik itu di pendidikan ataupun profesionalitas seperti di Institut Seni Indonesia Yogyakarta menjadi Player, Universitas Negeri Yogyakarta mencetak sebagai guru seni, " kata Bangun.

Foto dokumen Smandasa


Dewi salah satu  siswa SMA N 10 Purworejo, mengungkapkan sangat senang dan mendukung dengan adanya kegiatan ini, karena sangat bermanfaat untuk siswa  belajar edukasi tentang  EO juga tentang pertunjukan seni"


Sementara itu, Smadasa's Got Talent Season #5 ini mendapatakn apresiasi dari kalangan seniman dan masyrakat umum. Bahwa acara ini salah satu sarana ajang untuk menunjukkan kreativitas siswa  diberbagai bidang,termasuk musik. Dengan berinovasi dibidang musik yang selalu berimprovisasi dari hal apapun. Karena event ini bisa menjadi sarana promosi.  "Bahwa sekarang SMA N 10 Purworejo ini tidak kalah dengan SMAN  lainnya" Pungkasnya. (Nang)

 


No comments:

Post a Comment