DPRD PDIP Jateng, Wayangan Di Kalijering, Ribuan Warga Senang & Bangga - Koran Purworejo

Breaking






Wednesday, October 5, 2022

DPRD PDIP Jateng, Wayangan Di Kalijering, Ribuan Warga Senang & Bangga

 


KoranPURWOREJO

PITURUH Rabu malam Kamis ( 4/10/2022) Anggota DPRD Jateng Fraksi PDIP MH.Zaenudin.S.sos.M.Hum menggelar pesta rakyat di Desa Kalijering. Dengan tematik Nguri uri kabudayan Jawi. Menyuguhkan pagelaran Wayang kulit semalam suntuk. Menampilkan Dalang Ki Sunarpo Guno Prayitno dan mengusung 30 an pengrawit Dwijolaras.


Ribuan orang dari lintas generasi, malam itu berkumpul di lapangan desa Kalijering. Apalagi pada pagelaran tersebut Ki Dalang Sunarpo membawa 10 sinden ternama dari Jogjakarta. Tampak hadir ketua DPRD II Purworejo Dion Agasi Setyabudi. Msi. Juga  ketua komisi 1, LT Endro Sadewo.ST. MAP dan Sastrawan ( seniman) Sumanang Tirtasujana Sebagai nara sumber perihal kebudayaan.


Sebelum pagelaran dimulai diadakan dialog publik. Diawali Oleh sambutan Kades Kalijering Suroyo.Spd. yang berkali kali berterimakasih kepada Jajaran dari anggota DPRD PDIP. Yang terus memperhatikan rakyat di desa Kalijering.

"Saya mewakili masyarakat  berterimakasih ditanggapke,diberi hiburan gratis. Hingga berimbas ke masyarakat desa sekitar, berkumpul di desa ini. Mohon maaf jika membuat kecewa dalam penyambutan ", ungkap Suroyo.


Dalam dialog tersebut MH Zaenudin menjelaskan, bahwa sebagai Anggota DPRD Jateng, dirinya sangat menyetiai konsep Trisaktinya Bung Karno. Yaitu menerapkan tiga rumusan. Yakni berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, berkepribadian dalam kebudayaan.


" Saya ini berkewajiban untuk, menerapkan konsep tersebut. Dengan   berkebudayaan itulah. Kita akan lebih mengerti dan menempatkan diri. Bung Karno bilang  bila kehidupan ini kotor senilah yang membersihkannya" tandas MH.Zaenudin yang diketahui sudah 5 x berturut turut jadi anggota DPRD.


Kedatangan MH Zaenudin  dan Dion Agasi Setitabudi di Kalijering, menjadi kebanggaan tersendiri bagi warganya. Apalagi desa ini menjadi desa paling ujung barat, dan termasuk pegunungan. Kedatangan para wakil rakyat dari PDIP diakui warga sangat membanggakan mereka.

" Pokoke sampean masyarakat mriki,menjelang tahun 2024 kalih kulo kudu apik nggih. Mangke kulo nggih badhe tambah apik kalih sampean. Sami podho mudheng karep kulo nggih" Ajak Zaenudin.


"Desa kalijering mesti kulo gawe tambah maju !  Imbuhnya Zaenudin.


Pertunjukan dengan lakon Semar mBangun nDesa, oleh Dalang Sunarpo menjadi gergeran manakala Kidalang mengungkapkan kekonyolan dirinya, karena covid 19, melalui adegan limbukan.

Bahwa selama 2 tahun tidak ada yang nanggap. Hingga pihaknya harus menjual 8 sapinya untuk nyambung hidup.

"Lha piye, ora ono sing nanggap, tapi mangane yo kudu terus. Sumbange yo ndilalah ono... terus " ungkap limbuk.

Pada sèsen itu Ki Dalang juga mendaulat MH.Zaenudin & Ketua DPRD Dion Agasi untuk melantumkan tembang.


Mh.Zaenudin  lalu milih sinden Ambar, lagu rondo kempling dan lagu Cumi Cumi ia dendangkan dengan sempurna.

Masyarakat kian terhibur, karena Zaenudin memang dikenal sebagai seniman panggung.

Usai menyanyi, langsung para sinden di sawer. Lagi lagi MH Zaenudin berjanji akan menyeragami para waraggana termasuk sindhe.

Selan itu Zaenudin juga  menyumbang dana untuk untuk  club Voly karang kalijering.(Nang).

No comments:

Post a Comment