ICON LAMBANG 7RUH BERUBAH , JADI PERBINCANGAN DI MEDSOS,SIAPA YANG BERTANGGUNG JAWAB ? - Koran Purworejo

Breaking










Monday, August 15, 2022

ICON LAMBANG 7RUH BERUBAH , JADI PERBINCANGAN DI MEDSOS,SIAPA YANG BERTANGGUNG JAWAB ?



KoranPURWOREJO.COM

PURWOREJO - Lambang  Pituruh yang menggunakan Icon 7Ruh, yang berada di Alun alun Widoro milik Desa Pituruh Kecamatan Pituruh Purworejo. Dalam 3 hari ini menjadi bahan  gunjingan warga. Bahkan jadi perbincangan hangat di Medsos. Pasalnya Lambang setinggi kurang lebih 3 meter, dengan icon 7Ruh tersebut kini berubah warna.


Perubahan warna tampak tidak jelas konsepnya.

Warna putih permanen yang sudah 40 th lebih tiba tiba berubah berwarna merah di sebagian hurufnya. Bahkan Redaksi KoranPurworejo juga mendapat kontak dari beberapa warga Pituruh. Menyoal perubahan warna tersebut. Yang diduga dilakukan oleh panitia HUT RI ke 77 tingkat kecamatan Pituruh. Pelaku dianggap banyak pihak tidak mudeng sejarah dan filosofi maknanya. Hanya main cat saja.

Warna  putih asli sudah 40 th lebih

Saat wartawan Media ini ke lokasi. Menelisik siapa yang merintah perihal perubahan warna tersebut. Sumber resmi  dari PemDes Pituruh KaurPembangunan Novi  memberi keterangan , Setahu saya Desa tidak pernah ada yang memerintah untuk merubah menjadi seperti itu. Kami tidak tahu "  kata dia saat dihubungi media.


Sementara Mbah Goen (65 th) seorang penduduk asli Pituruh pegiat Netizen juga sangat menyayangkan, tentang perubahan warna tersebut. 

"Dari ide pencetus pembuatnya, dulu di toko cat juga sudah  tersedia berbagai warna. Tapi Pak Camat Mino, memilih warna putih sebagai warna netral. Padahal di era itu Golkar sedang jaya. Tapi tidak dicat kuning " katanya.


Warna  putih asli lebih elegan

 Mantan Ketua Dewan Kesenian Purworejo, Sumanang Tirtasujana mengatakan. 

" Lambang Pituruh dengan icon 7Ruh, itu sebagai  Legasi yang ditinggalkan Camat Mino, sebaiknya dikembalikan tetap berwarna putih. Karena mengandung filosifi sangat imajis suci dan tidak banyak menimbulkan banyak tafsir" Katanya.


"Lagian dicat sebagian merah,  tidak jadi tambah baik, atau tambah bagus. Berkesan yang memerintah mengecat tidak paham konsep seni. Itu sama saja ngawur. Ujungnya melahirkan banyak pendapat dan gaduh "Imbuh Sumanang.

" Perlu dipahami bagi siapapun, lambang 7RUh tersebut sudah 40 th lebih jadi milik publik kebanggaan masyarakat Pituruh. Jadi tidak usah dirubah rubah dengan alasan apapun. Apalagi tanpa konsep alias ngawur. Kalo dirubah bakal jadi sorotan nitizen, jadi  perbincangan publik.Nanti pasti ada yang kena sasaran dibully  publik" Tandas Sumanang.

Perbatasan kec butuh masih  warna putih


Sementara Sigit Sudibyo.Ssos sebagai pewaris hak cipta, Putra Camat Mino Purwohadiatmojo ( pencetus Ide lambang 7Ruh ), Saat dihubungi. Juga sangat menyayangkan.

" Betul itu Pencetus Idenya bapak saya. Menurut saya, sekarang itu, warna menjadi hal yang sangat sensitif. Terkadang dihubung hubungkan dengan parpol" katanya.

 " Untuk  baiknya kembalikan pada orisinalitas awal saja. Kata Sigit Sudibyo yang juga mantan redakstur Media Kiprah.


 Pencetus ide lambang 7Ruh,  camat Mino Purwohadiatmojo


Perlu diketahui pembaca, Camat Pituruh kala itu  ( tahun 1978 -1985) Mino Purwo Hadiatmodjo (Alm),  sebagai camat cerdas menangkap  diksi kata “PituRuh” dan disimbulkan jadi  icon ‘ 7Ruh’ . Yang kini menjadi lambang  kebanggaan bagi warga sewilayah Kecamatan Pituruh.

Warna putih imajis suci tidak menimbulkan multi tafsir dan netral

Mino Purwo Hadiatmodjo, sipenemu penggagas pembuatan simbol tersebut pensiun 1997  menjabad sebagai Kepala Kesra Kabupaten Purworejo. 

Kini anak dari Mino Purwo Hadiatmojo,  Sigit Sudibyo.Ssos Di Humas /Prokodapim Pemkab membidangi Media.

Kepada Wartawan ,  Sigit lebih menyarankan dikembalikan pada warna posisi awal saja.

Setelah jadi sorotan. Sudah semestinya publik ingin tahu, perubahan tersebut atas inisiasi siapa ?

Sampai berita ini diturunkan, belum diperoleh keterangan resmi siapa yang bertanggungjawab dan siapa yang memerintah merubah icon 7Ruh tersebut. Camat Pituruh, atau ketua panitia HUT RI Kecamatan Pituruh belum berhasil dimintai klarifikasi.

( Tim / Nang Tirta).


No comments:

Post a Comment