11 KOPI PRODUK PURWOREJO, IKUT EVEN INDONESIA PREMIUM COFFE EXSPO JAKARTA - Koran Purworejo

Breaking




Wednesday, June 29, 2022

11 KOPI PRODUK PURWOREJO, IKUT EVEN INDONESIA PREMIUM COFFE EXSPO JAKARTA

KoranURWOREJO.COM

JAKARTA - Kopi Purworejo dengan 11 brand  dipamerkan pada event Indonesia premium coffe expo & forum 2022 di Jakarta. Menjadi harapan untuk dapat berkembang lebih. Dan terus menemani perjalanan jaman.


Peluang dan  potensi bisnis kopi  yang dimiliki  Purworejp ,bukan hanya menjadi peluang tetapi menjadi harapan bagi para petani di daerah. Purworejo ikut andil dalam gelegarnya produksi kopi yang membawa Indonesia terverifikasi sebagai penghasil kopi terbesar dunia. 

Untuk meningkatkan kapasitas produksi, pemerintah daerah Kabupaten Purworejo terus mendorong petani kopi dan merangkul sejumlah komunitas.

Ada kopi pamriyan Pituruh, kopi Purbayan Kemiri, Kopi Kakugesing, Kopi legendaris muntu dan pit Kutoarjo.

Kopi PIT produk asli  Kutoarjo Turut menyemarakkan di Espo.

Juga dirangkul Komunitas CPP atau Cah Purworejo Perantauan. Komunitas ini terkenal militan dan mempunyai daya totalitas tinggi. Terbukti dengan sumbangsihnya terhadap event yang digelar oleh Indonesia premium coffe & forum 2022 di Jakarta, bertempat di lapangan banteng dari tanggal 24-26 Juni 2022 mereka hadir memenuhi both kontingen dari Purworejo. 

"Kita punya perantau-perantau yang sangat tinggi daya totalitasnya mas, mereka semua ketika saya kabari bahwa ada event di Jakarta mengenai kopi Purworejo, mereka dengan cepat merespon. Kami siap menghijaukan lapangan banteng, gitu mas", ungkap Andi  pendaping kontingen kopi dari Purworejo).


Tidak hanya antusias menghadiri event ini, mereka juga  mendatangkan penari dolalak untuk membuat flashmob. Merencanakan kreativitas sedemikian rupa untuk membuat both kontingen Purworejo menarik perhatian pengunjung.

 

Hal itu langsung saja mendapat respon positif dari pengunjung yang hadir, mereka langsung saja mengerumuni both yang menampilkan produk unggulan kopi dari Purworejo.

"Kami sangat senang dengan hadirnya kopi Purworejo pada event ini. Karena kami sangat antusias, sudah selayaknya ada tarian dolalak untuk menggugah para pengunjung dan memperkenalkan budaya, karena kopi Purworejo harus mendapat suport system yang baik, dan tari dolalak juga tidak terlepas dari kopi", ungkap mbak Nur selaku pelaku event.

 

"Terus terang, sebagai perantau dari Purworejo yang tergabung dalam komunitas Cah Purworejo Perantauan merasa kangen dengan kopi Purworejo. Makanya kami sengaja datang untuk mengobati rasa kangen itu, dan lewat tari dolalak ini kami berusaha sebaik-baiknya mendukung brand lokal Purworejo untuk dapat dikenal lebih luas".

 

Selain itu ada hal menarik lagi, tampilnya kopi legendaris Purworejo yaitu kopi pit turunan dari kopi munthu yang katanya mulai mendistribusikan kopi sejak 1938. Pada saat ini kopi pit telah diteruskan pada generasi ke 4, Jessy. 


Ditangan cewek yang masih muda ini kopi pit telah bertransformasi dengan visi misi lebih modern walaupun tetap mempertahankan kekhasanya.

 

Kopi PIT Produk Kutoarjo


"Kopi pit itu bentuk representasi saya untuk sekarang ini, karena sejak umur 2 th sudah dicekoki kopi. Dengan antusias masyarakat yang masih tinggi terhadap kopi pit, saya memutuskan untuk meneruskan perjuangan kakek saya. 


Apapun alasannya kopi pit mempunyai sejarah yang panjang, dan akan terus kita perjuangkan", Ungkap cewek umur 20 tahunan ini.

 

"Kopi terus saja menjadi penghubung. Kopi terus saja berkembang sesuai dengan jaman. Hal itu akan selalu ada cerita menarik dalam setiap seduhan kopi, di berbagai komunitas. Ungkap Jesica pengusaha copi Pit Kutoarjo.

(Manang Tirta)

No comments:

Post a Comment