Musim Panen Hampir Tiba, Yuk! Belajar Cara Padi Agar Tidak Ambruk - Koran Purworejo

Breaking

Total Pengunjung Situs

Monday, July 5, 2021

Musim Panen Hampir Tiba, Yuk! Belajar Cara Padi Agar Tidak Ambruk


Rubrik Info Bisnis koranpurworejo.com berbagi cara mengatasi padi yang akan siap panen. Tanaman Padi yang rebah atau orang Jawa sering menyebutnya “ambruk“. Kondisi itu, merupakan salah satu kondisi yang dapat merugikan petani,karena dapat menurunkan hasil produksi dan beras yang di hasilkan pun cenderung jelek.

Sebenarnya banyak cara untuk mencegah terjadinya rebah  pada tanaman padi, Mungkin berikut ulasanya cara mencegah tanaman Padi agar tidak roboh atau ambruk.


Lokasi Penanaman Padi

Untuk lokasi sawah yang datar, biasanya pada musim hujan sering terjadi roboh atau ambruk, jadi pilihlah varietas padi unggul dan pendek. Akan tetapi berbeda untuk sawah yang tadah hujan yang cenderung memiliki topografi berbukit biasanya tidak terlalu banyak terjadi rebah.

Pemilihan varietas padi unggul dan pendek
Pemilihan varietas padi disesuaikan terhadap musim tanam yang akan di hadapi, biasanya rebah atau ayeuh  terjadi pada saat musim penghujan.

Oleh karena itu para petani dianjurkan sebaiknya menggunakan varietas benih padi yang tidak terlalu tinggi, seperti varietas Mekongga, dll

Kurangi pemupukan Urea (N) yang berlebihan

Pengurangan penggunaan pupuk urea ini sangat berpengaruh terhadap daya tahan atau kekerasan pada batang padi.

Dilapangan sendiri terkadang petani akan merasa bangga atau senang jika tanaman padinya terlihat sangat hijau dikarenakan penggunakan urea.

Namun dalam hijaunya tanaman padi yang berlebih urea ini terdapat banyak masalah, selain memicu serangan hama penyakit, salah satunya juga tanaman padi jadi  mudah rebah

Pemupukan berimbang dengan menggunakan NPK

Siapa yang tidak mengetahui pupuk NPK, pupuk ini merupakan salah satu pupuk majemuk yang dikategorikan cukup lengkap, karena kandungan di dalamnya meliputi : Urea  (N), SP36 (P) dan Kcl (K).

Dengan menggunaka Pupuk NPK tanaman padi akan tercukupi nutrisinya sehingga tanaman padi akan cenderung lebih kuat dalam menopang batang dan malai disaat musim hujan.

Penggunaan pupuk Organik

Penggunaan pupuk organik sangat dianjurkan untuk tanaman padi, selain untuk pertumbuhan tanaman seperti akar, batang dan daun.

Kebutuhan nutrisi mikro yang terdapat pada bahan organik sangat dibutuhkan tanaman untuk memperkuat batang padi.

Gunakan Jarak tanam Jajar legowo

Hal ini yang paling mudah untuk dipraktekan, sudah tidak di ragukan lagi manfaat Jajar legowo, dengan menggunakan jajar legowo jumlah rumpun padi dapat meningkat sehingga membuat tanaman padi menjadi lebih kokoh jika ditiup angin.


Dikutip dari beberapa sumber
Ditulis ulang oleh Achmad Rohadi

No comments:

Post a Comment