Theknologi Smartphone Membawa Pengaruh Aspek Kehidupan - KORAN PURWOREJO

Breaking

Sabtu, 05 Juni 2021

Theknologi Smartphone Membawa Pengaruh Aspek Kehidupan


Foto sebagai illustrasi

KORANPURWOREJO.COM

Masyarakat mau tidak mau harus beradaptasi dengan kemajuan tekhnologi. Tidak pandang usia dari anak – anak sampai orang dewasa harus mengikuti peradaban baru untuk melek tekhnologi. Namun dibalik itu harus pandai pandai menyikapinya.

 Ditulis oleh : Rio Muhammad Febriansyah


Perkembangan tekhnologi yang sangat cepat diera digitalisasi, mendorong perubahan yang begitu pesat. Perubahan muncul diberbagai aspek kehidupan masyarakat. Mulai dari aspek sosial, budaya, gaya hidup, pendidikan dan lain sebagainya. 

Dengan adanya kemajuan tekhnologi aktivitas manusia dipermudah. Seperti membeli kebutuhan, transfer uang, berkomunikasi, serta untuk menenunjang pendidikan seperti pada saat pandemi sekarang ini.

Munculnya tekhnologi tentu memberikan banyak manfaatnya untuk keberlangsungan hidup kita. Memang pada dasarnya tekhnologi diciptakan untuk mempermudahkan aktivitas kita. Namun pada kenyataanya, perkembangan tekhnologi yang terjadi berlangsung dengan cepat tidak selalu  berdampak baik namun ada juga dampak negatifnya. 


Contoh Perubahan sosial 

Semua aktifitas sosial kini serba online, aktivitas semakin mudah. Dalam bidang ekonomi yang paling berdampak adalah kemudahan aktivitas yang kita lakuakan. Ketika mau makan kita tidak perlu repo repot untuk pergi ke warung makan, tetapi dengan smartphone yang kita miliki kita dapat melakukan order dengan berbagai aplikasi didalamnya. Selain itu, ketika kita ingin membeli sebuah barang kita juga tidak perlu pergi ketoko untuk membeli, dengan smarthpone kita juga bisa melakukan kegiatan tersebut dan barang akan dikirim sampai ke rumah kita. 


Bagi masyarakat yang memiliki bisnis, tentunya kemajuan tekhnologi merupakan hal yang sangat menguntungkan. Seperti dalam aspek pemasaran dan penjualan. Melalui sosial media dan berbagai platfrom lainnya kita dapat memanfaatkannya untuk memunjang pemasaranya


Dampak posistif

Banyak hal negatif yang juga disebabkan oleh kemjuan tekhnologi diantaranya, menurunkan sosialisasi antar seseorang dan bahkan tekhnologi dapat menggantikan peran manusia.

Kita àkui ada dampak positif bagi perkembangan tekhnologi bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat,

Contoh nyata perkembangan tekhnologi dalam sosial ekonomi masyarakat adalah di dunia perbankan. 

Didalam melakukan kegiatan perbankan kita sangat dipermudah dengan adanya tekhnologi. Sekarang ini seseorang tidak perlu melakukan atrian di kantor perbankan untuk melakukan transaksi keuangan. Melalui semarthpone yang kita miliki saat ini, hanya cukup mengakses melaluai aplikasi yang telah disediakan oleh pihak perbankan. 

Seperti untuk transfer uang, pembayaran belanja online, serta pembayaran berbagai tagihan pulsa, listrik.  Kecanggihan tekhnologi ini memicu geliat ekonomi dan semua serba mudah. Dan pada akhirnya masyarakatlah yang menikmati tekhnologi tersebut. 

Selain didalam dunia perbankan, kemajuan tekhnologi juga kita rasakan dalam kegiatan kita sehari – hari. seperti untuk membeli makanan saja kita sudah mengguanakan tekhnologi, untuk berpergian, memsan taksi online, serta melakukan berbelanja online. semua aktivitas tersebut bisa kita lakukan melaluai smarthpone. 

 

Dampak Negatif

Bijaklah dalam memanfaatkan tekhnologi. Perubahan sosial yang ditengarai oleh perkembangan tekhnologi yang semakin canggih juga membawa dampak negatif. Seseorang yang terbiasa dengan kecanggihan tekhnologi seolah tidak membutuhkan orang lain di lingkungan sekitar. Karena merka asik dan fokus dengan smarthponenya masing – masing. Seperti halnya seorang anak yang akan ebih peka terhadap panggilan di smarthponenya dibandingkan dengan panggilan oleh ibunya. 

Selain itu kecanggihan tekhnologi dapat memicu seseorang memiliki perilaku konsumtif.

 Berbelanja semakin mudah dengan semarthpon ditangan kita dan barang yang kita pesan akan datang dan diantar sampai rumah, cukup dengan order via online. untuk itu, kita sebagai sesorang yang melek tekhnologi hendaknya bijak dalam menghadapi perkembangan tekhnologi.


Perlu Disikapi Manusia

 Kita hendaklah pintar pintar menyikapinya  karena kita tudak bisa menolak perkembangan peradaban. Utamanya  untuk menghindari perilaku konsumtif ini mulalilah untuk memilih. Apa yang kita butuhkan dan apa yang kita tidak butuhkan, maka dari itu kita yang harus mampu mengendalikan diri dan bukan dikendalikan oleh telhnologi itu sendiri. ***

Penulis  Rio Muhammad Febriansyah Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa  Jogjakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAYANGAN HALAMAN