Expo Paguyuban UMKM Joyomulyo Kecamatan Purworejo - Koran Purworejo

Breaking






Sunday, June 23, 2024

Expo Paguyuban UMKM Joyomulyo Kecamatan Purworejo

 

 


KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO

Peran UMKM dalam mendukung pembangunan daerah sangat strategis yakni, pemain utama dalam kegiatan, pengembangan dan pemberdayaan masyarakat pada berbagai sektor ekonomi lokal. UMKM juga berpeluang membuka lapangan kerja masyarakat, yang berarti mengurangi angka pengangguran, pencipta pasar baru dan sumber inovasi serta dapat menjaga neraca pembayaran melalui kegiatan ekspor.


Hal itu disampaikan oleh Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH saat membuka Expo UMKM dalam rangka ulang tahun ke 5 Paguyuban UMKM Joyomulyo di halaman Kantor Kecamatan Purworejo, Sabtu (22/06/2024). Pada kesempatan itu Bupati membuka kegiatan dengan memotong tumpeng dan memukul gong. Kemudian dilanjutkan dengan monitoring langsung ke stand UMKM bersama Heru Gundul, presenter Jejak si Gundul Trans 7.


Lebih lanjut Bupati mengatakan, posisi Kabupaten Purworejo ini strategis, dengan adanya sejumlah proyek strategis nasional. Ini menjadi potensi yang luar biasa bagi tumbuh berkembangnya UMKM. 


Bupati menambahkan bahwa 55 ribu UMKM di Kabupaten Purworejo, hampir seluruhnya masih kategori mikro. Sehingga keberadaan UMKM harus terus diperkuat dan diberdayakan sejalan dengan  visi PURWOREJO BERDAYA SAING 2025.


"Pemerintah Daerah terus berupaya meningkatkan eksistensi UMKM, agar semakin berkualitas dan naik kelas. Keberadaan paguyuban UMKM seperti Joyomulyo ini memiliki peran sangat strategis sebagai mitra pemerintah dalam mempercepat pemberdayaan dan pengembangan UMKM, melalui partisipasi masyarakat dan pelaku usaha," pungkasnya. 


Sementara itu Agung selaku ketua panitia melaporkan, kegiatan dilaksanakan untuk mengembangkan ekonomi kreatif di kalangan pelaku UMKM lokal. Menurutnya UMKM lokal masih sangat perlu mendapatkan atensi lebih dari masyarakat dan pemerintah. Untuk menarik minat masyarakat, dihadirkan Guest Star yakni Heru Gundul.


"Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dan dikemas dengan menarik. Jadi para pengunjung tidak hanya menikmati kuliner dan UMKM saja, tetapi ada rangkaian acara yang menghibur," terangnya.

( Nang).

No comments:

Post a Comment