Saba Desa Di Purwodadi, Bupati Tinjau Pamsimas. - Koran Purworejo

Breaking










Thursday, September 15, 2022

Saba Desa Di Purwodadi, Bupati Tinjau Pamsimas.

 

KoranPURWOREJO.COM

PURWODADI - Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM meninjau bangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), diacara  kegiatan Bupati Saba Desa (BSD), Rabu (14/09/2022).


 Didampingi beberapa kepala Perangkat Daerah dan pejabat terkait, Bupati berkunjung di lima desa wilayah Kecamatan Purwodadi, yaitu Desa Gesing, Desa Nampu, Desa Kentengrejo, Desa Nampurejo dan Desa Geparang. 



Bupati menuturkan, program Pamsimas ini bisa memberikan kontribusi besar terhadap penurunan angka stunting serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama pada program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. 


"Program Pamsimas merupakan program yang berorientasi untuk masyarakat di luar jangkauan PDAM, dimana desa tersebut hanya memilki sumber mata air yang kecil," jelasnya. 

Dikatakan, pamsimas ini adalah bukti adanya keseriusan pemerintah daerah dan didukung oleh pemerintah desa serta masyarakat dalam melakukan percepatan pembangunan daerah.

 “Saya berharap, masyarakat dapat menerima air bersih sesuai ketentuannya dan pengelolaan air bersih dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,” pesannya.

Landung Apriyanto selaku Kades Gesing mengatakan, program pembangunan Pamsimas berasal dari anggaran dana desa tahun 2021 yang merupakan program kerjasama Pemda dengan masyarakat. Tujuannya antara lain meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat, meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi berkelanjutan, serta meningkatkan efektivitas yang berkesinambungan jangka panjang pembangunan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga meninjau proses pembuatan celengan dari bahan gypsum, yang terus dikembangkan hingga luar Purworejo. Desain celengan antara lain dibuat mirip tokoh kartun. "Usaha UMKM dapat memberikan pembinaan kepada generasi muda dalam bidang industri kreatif dan melatih anak - anak untuk menabung sejak dini," tandasnya. (ADV)


No comments:

Post a Comment