SHINTA KUSUMASTUTI ST.MPd. KEPALA SEKOLAH WANITA SMK ii PELOPOR & PENCIPTA MOBIL LISTRIK - Koran Purworejo

Breaking








Tuesday, December 6, 2022

SHINTA KUSUMASTUTI ST.MPd. KEPALA SEKOLAH WANITA SMK ii PELOPOR & PENCIPTA MOBIL LISTRIK



KoranPURWOREJO.COM

Kutoarjo: Seiring era emansipasi, deretan nama Kepala Sekolah SLTA wanita di Kabupaten Purworejo terus bertambah. 

Seperti baru-baru ini, 1 Desember 2022, Shinta Kususmastuti, ST., M.Pd. ditetapkan sebagai Kepala SMK Institut Indonesia (ii) Kutoarjo untuk masa bhakti 2022 – 2026. 


Ketua Yayasan Institut Indonesia 48 Kutoarjo, Drs. Ig. Uripto, mengatakan pergantian jabatan dan reshufle adalah hal biasa dalam organisasi. Menurutnya diangkatnya Shinta Kusumastuti  sebagai Kepala Sekolah (KS) karena menggantikan Drs. H. Rosidi yang akan memasuki masa pensiun. 


Ketua Yayasan Drs Ig. Uripto tengah dan Shinta Kusumastuti .ST.Mpd.


Kita butuh regenerasi. Dan untuk menghadapi tantangan jaman, kaderisasi harus terus berjalan. Ditunjuknya Ibu Shinta Kususmastuti, ST., M.Pd., sebagai Kepala Sekolah baru tersebut telah melalui berbagai tahapan dan musyawarah yang mendalam diinternal Yayasan.”

Dijelaskan Uripto, sebelumnya Yayasan telah menetapkan beberapa kriteria untuk kandidat KS, diantaranya; masa kerja minimal 5 tahun, memiliki pengalaman di jabatan struktural (seperti pernah menjadi Kepala Jurusan atau wakil kepala sekolah), tinggal di zona SMK ii dan berusia maksimal 50 tahun. Dari kriteria tersebut terjaring enam kandidat termasuk Shinta. Dan yang unik lima dari enam kandidat tersebut justru mengusulkan Shinta sebagai KS dengan alasan masih muda dan memiliki latar belakang pendidikan yang memadai.

Sebenarnya pengangkatan KS adalah hak prerogatif Yayasan sebagai pemilik sekolah.  Dan budaya kami tidak menggelar pemilihan KS langsung karena bisa membuat guru dan karyawan terbelah. Tapi kami selalu mendengar aspirasi dari bawah dan memusyawarahkan di internal Yayasan. Dari situ menjadi dasar kami kami menetapkan Ibu Shinta sebagai Kepala SMK ii periode tahun 2022 – 2026,” pungkas putra R. Soegito, pendiri SMK ii Kutoarjo itu.


Shinta Kusumastuti.ST.MPd pelopor penciptaan mobil listrik


Seperti diketahui Shinta Kusumastuti adalah penggagas perakitan mobil listrik dan ekskul robotika di SMK ii. Jabatan terahir wanita 39 tahun lulusan Teknik Elektro UGM dan Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan tersebut adalah Kepala Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Ditemui disela-sela kegiatan diklat yang diselenggarakan  SMK ii bekerjasama dengan Damkar, BPBD dan PMI, Senin (5/11), ia mengatakan bahwa menjadi KS Swasta adalah amanah berat untuk itu ia memohon doa dan kerjasama dari semua warga sekolah.

Shinta Kusumastuti sedang memberikan sambutan pada diklatsus.

Sekarang ini bukan jamanya lagi kita mencari dan mengandalkan seorang SUPER MAN, yang harus kita lakukan adalah membangun SUPER TEAM. Untuk itu SMK ii harus solid di dalam dan mampu membangun jejaring kerjasama serta mau belajar dari instansi lain yang sudah lebih maju,” ungkap putri Bapak H. Munawir, S.Pd., M.Pd. itu.

Ditambahkan Shinta bahwa dirinya kedepan akan terus mendorong SMK ii untuk bisa menciptakan inovasi-inovasi teknologi terapan yang bermanfaat untuk masyarakat dan melahirkan enterpreneur-enterpreneur muda, tidak hanya melahirkan calon karyawan yang siap kerja.

Shinta ditengah sebagian siswa dalam acara Nasmoco Goes To School


Sementara itu, Salwianto, S.Pd., M.Pd., salah seorang guru Bahasa Inggris SMK ii berharap diangkatnya Shinta bisa memberikan penyegaran dan makin memajukan SMK ii kedepan.

Saya mengenal beliau dengan baik. Dari segi umur yang masih muda, latar belakang pendidikan dan pergaulan yang baik, saya yakin Ibu Shinta akan memberi arah dan terobosan-terobosan yang berbeda dari yang sudah ada,” pungkas Owner Bimbingan Belajar dan Motivasi BSC Purworejo dan Kebumen itu. ( sts)


No comments:

Post a Comment