Kolaborasi dengan Provinsi, Bappedalitbang Purworejo Gelar Pameran Inovasi - Koran Purworejo

Breaking








Thursday, November 24, 2022

Kolaborasi dengan Provinsi, Bappedalitbang Purworejo Gelar Pameran Inovasi

 


Koran PURWOREJO.COM

Purworejo. - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Purworejo gelar pameran inovasi berkolaborasi dengan Bappedalitbang Provinsi Jawa Tengah, Rabu(23/11/22) di Gedung Ganeca Convention Hall.


 Hadir  Plt Bappeda Provinsi Jawa Tengah Ir Agung Tejo Prabowo MM, Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Forkopimda atau yang mewakili, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala Bapedda se-Jawa Tengah, Pimpinan Perguruan Tinggi, Dewan Riset Daerah serta Forkopimcam Purworejo.


 Wabup Yuli Hastuti menegaskan bahwa maju mundurnya suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumberdaya manusia, sebagai pelaku dan penggerak utama roda pembangunan.

 "Di era globalisasi saat ini, pembangunan perlu lebih mengedepankan aspek pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta inovasi sebagai faktor pembentuk daya saing", katanya.


Dikatakan, pertumbuhan pembangunan perlu digerakkan oleh strategi yang tidak saja semakin efisien, namun mengedepankan inovasi.

Kabupaten Purworejo memiliki sumberdaya alam yang sangat potensial, baik yang ada di dataran tinggi, dataran rendah maupun wilayah perairan. Potensi-potensi tersebut harus dapat dimanfaatkan secara optimal, salah satunya dengan mengembangkan kreativitas dan inovasi masyarakat. Terlebih dengan adanya proyek strategis nasional yang bersinggungan bahkan berada di wilayah Kabupaten Purworejo, yakni Bandara YIA, Badan Otorita Borobudur, Bendung Bener dan Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta,” katanya. 


Wabup juga berpesan melalui pameran ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan hasil-hasil penelitian dan pengembangan serta inovasi masyarakat maupun perangkat daerah, serta produk-produk UMKM yang inovatif. Sehingga hasil-hasil inovasi dan kelitbangan tersebut dapat tersebar dan diketahui secara lebih luas, serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.


Sementara itu Kepala Bapedda Litbang Kabupaten Purworejo Sukmo Widi Harwanto dalam laporannya menyebutkan, pameran diikuti 29 peserta dari Kabupaten Purworejo dan daerah lain di Jawa Tengah. Untuk mendukung kegiatan penyelenggara juga mengadakan talk show yang dapat diikuti para peserta.(sts)

No comments:

Post a Comment