Merti Desa Kemranggen,Kirab Budaya, Wabup Ajak Warga Terus Berenovasi. - Koran Purworejo

Breaking










Friday, July 29, 2022

Merti Desa Kemranggen,Kirab Budaya, Wabup Ajak Warga Terus Berenovasi.



KoranPURWOREJO.COM

BRUNO-Warga Desa Kemranggen Kecamatan Bruno gelar kirab dilaksanakan dalam rangka merti desa, Kamis siang  (28/07/2021). Kirab ditandai dengan diaraknya hasil bumi berbentuk gunungan ambeng/ancak yang dipanggul melibatkan ratusan masyarakat setempat. 


Merti desa adalah  merupakan budaya kegiatan tahunan yang mendapatkan respons antusias dari masyarakat.


Wakil Bupati Purworejo  Yuli Hastuti SH, Forkopimcam Kecamatan Bruno, dan unsur terkait lainnya. 


Dalam sambutannya Wabup mengatakan. "Kirab budaya merti desa merupakan salah satu bentuk pelestarian tradisi dan budaya bangsa. Kegiatan ini pada hakikatnya merupakan sebuah kegiatan yang menjadi simbol rasa syukur masyarakat kepada Tuhan atas segala karunia yang diberikan-Nya, " katanya. 


Wabup mengajak masyarakat Desa Kemranggen untuk terus kreatif, berinovasi, menggali dan mengembangkan potensi budaya yang ada di desa secara optimal, dengan dukungan dari semua lapisan masyarakat yang terlibat di dalamnya.


Sementara Pargono selalu Kades Kemranggen mengungkapkan, kegiatan merti desa merupakan peninggalan nenek moyang yang sampai saat ini masih dilestarikan. Merti desa biasanya diadakan setiap tiga tahun sekali.


"Saya berharap dengan diadakannya merti desa, masyarakat Desa Kemranggen diberikan keselamatan lahir dan batin, guyup rukun, gemah ripah, loh jinawi, titi tentrem kerta raharja serta dijauhkan dari pagebluk," harapnya.

No comments:

Post a Comment