Kodim dan Kesbangpol Bekali Siswa SLTA Bela Negara - Koran Purworejo

Breaking

Total Pengunjung Situs

Wednesday, November 24, 2021

Kodim dan Kesbangpol Bekali Siswa SLTA Bela Negara

 

KORANPURWOREJO.COM 

PURWOREJO – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purworejo bekerja sama dengan Kodim 0708 Purworejo menyelenggarakan kegiatan pembekalan bela negara kepada siswa SLTA seKabupaten Purworejo di lapangan Makodim. Selasa,(23/11). Latihan ini di buka secara langsung oleh Komandan Kodim 0708 Purworejo.


Sebanyak 100 siswa dari 10 sekolah SMA ini akan di bekali materi bela negara dan peraturan baris berbaris yang meliputi penghormatan,sikap sempurna,jalan di tempat,langKah tegap,haluan kanan dan kiri serta latihan tata cara upacara bendera.


Dalam sambutannya Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim S.Sos.,M.Si. menyampaikan pendidikan bela negara ini untuk membekali kepada para siswa arti dasar bela negara guna kesediaan berbakti dan berkorban kepada bangsa dan negara.


“Pendidikan bela negara sebagai upaya untuk mewujudkan siswa yang berkarakter dan memiliki identitas,nasionalisme,integritas,loyalitas,disiplin dan jiwa korsa,” jelas Dandim.


Lebih jauh Dandim menegaskan latihan bela negara bagi siswa SMA sebagai wadah untuk membentuk sikap disiplin waktu,melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok,melatih kecepatan,ketangkasan ketepatan individu dalam melaksankan kegiatan dan membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antar sesama.


“Dalam proses bela negara ada beberapa hal yang menjadi unsur penting di antaranya cinta tanah air,kesadaran berbangsa dan bernegara,”imbuh Dandim.


Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Purworejo Bambang Drs.Bambang Sadyo Hastono M.H.  mengatakan penbekalan bela negara bagi siswa sangat perlu karena untuk membentuk sikap disiplin,fisik maupun mental. Kegiatan bela negara sangatlah erat dengan pertahanan negara yang mampu memahami cikal bakal Negara Kesatuan Republik Indonesia dari proses perjuangan sampai mengisi kemerdekaan.


“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan rasa cinta tanah air ,wawasan kebangsaan dan nilai nilai nasionalisme yang tinggi,”pungkasnya. (**)

No comments:

Post a Comment