31 Jurnalis Pramuka Dilantik, Pesan Piyani Spd "Jangan Senang Dilantik, Tapi Tidak Bekerja". - Koran Purworejo

Breaking

Total Pengunjung Situs

Monday, November 22, 2021

31 Jurnalis Pramuka Dilantik, Pesan Piyani Spd "Jangan Senang Dilantik, Tapi Tidak Bekerja".



KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO,Pelantikan sebuah penanda untuk menjadikan kepastian dalam melaksanakan tugas secara resmi yang dibuktikan dengan Surat keputusan (SK). Setiap pelantikan pengurus, harus dibarengi dengan siap bekerja. 

“ Jangan senang dilantik saja tetapi kerjanya tidak mau. Karena ada yang ketika dilantik rajin tetapi giliran melaksanakan tugas pekerjaan, justru menghindari. Ini yang tidak boleh terjadi pada insan Pramuka,” ujar  sekretaris Pramuka Kwarcab Purworejo Hj Piyani Spd ( 20/11/2021).


Disampaikan Piyani pada rapat koordinasi unit jurnalistik Kwarcab Purworejo di Sanggar Pramuka Kwarcab Purworejo kemarin.

 Turut hadir Andalan Abdimas Aspiyatun SIP, Andalan bidang organisasi dan hukum Daryanto SPd MPd. 

Lebih lanjut Piyani mengatakan, sebanyak 31 andalan muda yang sudah dilantik sebagai unit jurnalistik Kwarcab Purworejo, diharapkan dapat melaksanakan tugasnya sesuai tupoksinya secara maksimal. “Apalagi telah diberi bekal pelatihan tentang jurnalistik, tentunya supaya dapat diimplementasikan dilapangan. 

Tujuannya untuk mempublikasikan kegiatan Pramuka Kwarcab Purworejo, sehingga masyarakat paham,” tuturnya.


Sebelumnya ke 31 jurnalisKwarcab juga telah diberi pelatihan.  


Andalan Abdimas Aspiyatun SIP , selaku narasumber menyampaikan, pentingnya keberadaan unit jurnalistik Kwarcab. Tidak hanya sebagai pengemas informasi kepramukaan, namun juga sebagai filter agar informasi yang disuguhkan akurat dan valid. Dalam mengemas informasi menjadi sebuah berita agar memenuhi unsur 5 W 1 H. yakni What, Who, When, Why, Where, dan How, yang dalam Bahasa Indonesia masing-masing merupakan pertanyaan, Apa, Siapa, Kapan, Mengapa, Dimana, dan Bagaimana. 

Berita juga harus actual dan factual, karena berita merupakan laporan peristiwa yang bersifat fakta. Jikalaupun ada tulisan opini, ya yang aktual menarik dan penting, tandas Aspiyatun SIP.


Daryanto menambahkan, dalam kepengurusan unit jurnalistik masing-masing personil mempunyai tugas sesuai bidangnya. Maka perlunya kesepahaman untuk melaksanakan tujuan yang sama mewujudkan keberhasilan unit jurnalistik ditingkat Kwarcab Purworejo.

"Paling tidak jurnalis unit Kwarcab Purworejo punya peran memberikan nilai positif bagi pramuka  Purworejo sekaligus bagi pembacanya". Imbuhnya.

(Nang tirta)

No comments:

Post a Comment