SMA Negeri 10 Dukung Peningkatan Mutu, Dengan Sukseskan Asesmen Nasional - Koran Purworejo

Breaking

Total Pengunjung Situs

Friday, October 8, 2021

SMA Negeri 10 Dukung Peningkatan Mutu, Dengan Sukseskan Asesmen Nasional




KORANPURWOREJO

Purworejo, " Panitia Asesmen Nasional SMA Negeri 10 Purworejo telah mendukung kelancaran  Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) tahun 2021.  Dalam pelaksanaannya AN , SMA Negeri 10 Purworejo memilih gelombang 1,  diselenggarakan dari hari Senin s.d. hari Rabu, 27 s.d. 29 September 2021" demikian dikatakan Dra. Setyo Mulyaningsih, M.Pd. B.I, selaku kepala sekolah


 Diperoleh penjelasan, " Sebelumnya, telah didahului dengan pelaksanaan Simulasi dan Gladi Bersih AN yang ditetapkan sesuai jadwal.

Pelaksanaannya AN SMA Negeri 10 berpedoman pada Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 030/H/PG.00/2021 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2021 " . Ungkapnya.

Siswa menjalani cek suhu tubuh


Setyo mulyaningsing juga menjelaskan , bahwa peserta Asesmen Nasional terdiri atas (1) kepala satuan pendidikan, (2) pendidik berjumlah 40 pendidik, (3) peserta didik,  sejumlah 45 yang terpilih sebagai sampling  dan 5 peserta didik yang terpilih sebagai peserta cadangan.

Keseluruhan peserta didik yang terdiri atas 45 peserta sampling telah dapat menyelesaikan soal AKM, Survai Karakter dan Survai Lingkungan Belajar pada hari Senin dan Selasa tanggal 27 dan 28 September 2021 dari pukul 07.30 s.d. 12.30. Begitu pula dengan Kepala satuan pendidikan dan pendidik yang menyelesaikan Survai Lingkungan Belajar pada hari berikutnya yakni Rabu, tanggal 29 September 2021 " . 


Kehadiran Peserta AN disambut dengan 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) dan 5 M (Mencuci tangan dengan Sabun, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan,  Mengurangi Mobilitas) . Keduanya menjadi satu motivasi bijak untuk membentuk  generasi berkarakter sesuai Keunggulan SMA Negeri 10 Purworejo, Sekolah Berkarakter. 


Sebelum jadwal pelaksanaan AN dimulai, di ruang tunggu, peserta mendapatkan motivasi hangat dari Kepala Sekolah, Dra. Setyo Mulyaningsih, M.Pd. B.I. Dalam motivasi,  beliau membangun spirit anak didik dan  menyatakan "Jadilah peserta didik SMANDASA yang senantiasa sigap dan bertanggung jawab atas setiap tugas yang diberikan.


 Hal ini seperti tercermin dalam Profil Pelajar Pancasila : "Beriman,  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan  Berakhlak Mulia;  Berkebinekaan Global;  Bergotong Royong; Mandiri; Bernalar Kritis; dan Kreatif."


Dengan menggunakan dua  ruang Laboratorium Komputer yang masing-masing didukung oleh 15 Kompurter , kegiatan AN ini  diselenggara dalam 2 sesi. 


Sesi pertama pukul 07.30 s.d. 09.30 dengan 30 peserta menempati Lab 1 dan Lab 2, sedangkan Sesi 2 terdiri atas 15 peserta  melaksanakan AN dari pukul 10.30 s.d. 12.30. Masing-masing ruang mendapatkan pengawasan oleh 1 pengawas silang, 1 proktor, 1 teknisi.

Kelancaran pelaksanaan AN ini, dapat menjadi tolok ukur untuk peningkatan mutu pendidikan di SMAN 10 Purworejo pada tahun berikutnya. 


(Nang)



No comments:

Post a Comment