HEBAT ! SMK INSTITUT INDONESIA GANDENG PLN, CIPTAKAN MOBIL LISTRIK - Koran Purworejo

Breaking










Wednesday, October 6, 2021

HEBAT ! SMK INSTITUT INDONESIA GANDENG PLN, CIPTAKAN MOBIL LISTRIK


KORANPURWOREJO

Kutoarjo: Dunia pendidikan di Purworejo patut berbangga hati. Ternyata mengawali pembelajaran tatap muka jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL)  SMK Institut Indonesia (ii) Kutoarjo, yang sudah lama MoU dengan PLN. Saat pihak PLN memberi kuliah umum bagi siswa jurusan tesebut. Selasa (9/10), terungkap bahwa SMK ii telah berhasil menciptakan Mobil Listrik, meskipun belum berbody standar.


Kegiatan satu hari yang diikuti seluruh siswa jurusan TITL itu bertajuk “Belajar Bersama PLN” dengan materi transmisi, kelistrikan dan keselamatan kerja. 


Yang paling menarik dari pembelajaran tersebut. Dalam kesempatan itu juga dilakukan demontrasi dan simulasi aplikasi PLN Mobile, dimana semua layanan PLN bisa di akses dan dilakukan lewat HP android. 

Kajur & team perakit mobil listrik yang belum diberi body tapi sudah bisa berjalan.

Kepala jurusan TITL, Shinta Kususmastuti, ST., M.Pd., mengatakan kegiatan PLN mengajar itu memang diagendakan rutin tiap tahun dan ini adalah kegiatan kali ke dua. 


“Kami sangat berterimakasih atas kerjasama ini. Saya mengakui pembelajaran dimasa pandemi ini sangat jauh dari yang semestinya. Kegiatan PLN ini sangat membantu untuk membuka wawasan siswa-siswa kami, tidak hanya tentang materi di sekolah tapi juga dunia kerja nyata yang kelak akan mereka hadapi” imbuh ketua jurusan yang baru saja menyelesaikan perakitan mobil listrik sederhana tersebut. 

Inteletual PLN memberi kuliah di SMK ii Kutoarjo

Sandari, siswa kelas 11 TITL, mengatakan sangat senang dan tertarik dengan materi di program PLN mengajar tersebut, bisa mengobati kerinduan belajar disekolah yang selama ini hanya dilakukan lewat online, ungkap salah satu siswa perempuan yang berani ambil jurusan listrik itu. 


“Ternyata jurusan listrik itu keren, karena kedepan dunia digerakan oleh energi terbarukan yaitu listrik, tidak hanya untuk instalasi penerangan tapi juga instalasi tenaga seperti di pabrik-pabrik bahkan untuk otomotif,” ungkapnya.

 Kajur, 3 pemateri, waka sarpras & toolman TITL


Yusuf Ali Imron,  salah satu pemateri, mengatakan pihaknya selalu siap untuk bekerjasama dengan SMK ii, tidak hanya program PLN mengajar saja tapi juga pelatihan-pelatihan kelistrikan lainya, ungkap supervisi teknik dari PLN unit pelayanan Kutoarjo tersebut. 


Ditambahkan Wasono, S.Pd., guru TITL yang merangkap Waka. Sarpras bahwa jurusan TITL SMK ii berusaha untuk meningkatakan kualitas lulusan dengan menggandeng berbagai pihak terkait. Itu artinya SMK ii juga termasuk memikirkan siswa untuk bisa cepat bekerja.


“Selain mengadakan berbagai pelatihan, untuk meningkatkan hard skill dan soft skill siswa kami bekerjasama dengan dunia industri. 

Baru-baru ini kami juga bekerjasama untuk menyeslesaikan perakitan mobil listrik sederhana. Kami memprediksi prototype mobil ini akan menjadi trend otomotin nasional bahkan dunia dalam beberapa tahun kedepan. 

" Dan kami ingin siswa kami tidak ketingalan jaman,” pungkas Wasono. 


( Nang)

No comments:

Post a Comment