Desa Pandanrejo, The New Zealand Van Java, Miliki 5000 Lebih Kambing Ras Etawa. - Koran Purworejo

Breaking

Total Pengunjung Situs

Wednesday, October 13, 2021

Desa Pandanrejo, The New Zealand Van Java, Miliki 5000 Lebih Kambing Ras Etawa.

  


KORANPURWOREJO

Purworejo,Ini dia desa yang menginspirasi Mas Mentri Sandiaga Uno , lalu jadi sering berkunjung ke kawasan wisata Purworejo.

Desa Wisata Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, berhasil bahkan  masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).


Hebatnya lagi,  Desa Pandanrejo berhasil masuk nominasi ADWI tahun 2021 setelah menyisihkan peserta yang seluruhnya berjumlah 1.831 desa wisata.

Dengan prestasinya, desa yang terletak di perbukitan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Kulonprogo, DIY, itu mendapat kesempatan dikunjungi secara langsung oleh Menteri Parekraf, Sandiaga Salahudin Uno, Selasa (12/10).

Mas Mentri, sapaan Sandiaga Uno yang datang membawa rombongan wisatawan dari Jakarta, disambut oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian, Ketua DPRD Dion Agasi Setiabudi, Dandim 0708 Letkol Inf Lukman Hakim, Wabup Yuli Hastuti, dan para pejabat lainnya.


Ketua Pengelola Desa Wisata Pandanrejo, Desi Nugroho, yang didapuk untuk memberikan paparan, menjelaskan berbagai potensi yang ada di desanya. "Desa kami ini berada di Perbukitan Menoreh dengan jumlah penduduk sekitar 1.400 orang. Sementara jumlah kambing Ras Kaligesing [dulu bermama Etawa] mencapai 5.000 ekor.



" Jadi jumlah kambing di sini lebih banyak dari jumlah manusia," kata Desi.

Pada awalnya, wisata desa ini hanya mengandalkan wisata alam. Namun seiring berjalannya waktu dan pandemi yang melanda, maka konsepnya kini berubah menjadi desa wisata sekaligus desa edukasi peternak etawa.


Bahkan kunjungan Menparekraf  Sandiaga Uno , mencanangkan Desa Wisata Pandanrejo sebagai The New Zealand Van Java. Alasannya, karena Desa Pandanrejo memiliki populasi kambing yang jauh melebihi populasi warganya. “Jumlah penduduknya hanya 1.000, tapi jumlah kambingnya 5.000. Jadi banyakan kambingnya daripada manusianya," ungkap Sandy saat mengunjungi Pandanrejo, Selasa (12/10/2021). 


Perlu diketahui pembaca, Desa Pandanrejo masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata 2021, sehingga mendapat ‘jatah’ dikunjungi Menparekraf. Kedatangan “Mas Menteri” sapaan akrabnya, disambut oleh Bupati dan Wakil Bupati Purworejo, Forkopimda, Kepala Disporapar Jawa Tengah, Direktur Badan Otorita Borobudur (BOB),  disambut dengan tarian tradisional Incling. 


"Saya dengan Pak Bupati ini adalah kawan lama, kita kolaborasi. Harapan saya Desa Pandanrejo ini dapat memperkuat ekonomi rakyat dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. 

 “Sehingga nanti menjadi daya tarik yang dapat dikenang wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Pandanrejo,” harapnya" kata mentri.


Kehadiran Menparekraf yang juga memberikan bantuan disambut baik oleh Bupati RH Agus Bastian SE MM. Dirinya yang mewakili masyarakat Desa Wisata Pandanrejo mengucapkan terima kasih atas kehadiran Sandiaga Uno yang menyempatkan waktu untuk hadir memberikan penghargaan kepada Desa Wisata Pandanrejo. 

Menurut Bupati Agus Bastian, Kehadiran Mas Sandiaga Uno dinilai menginspirasi serta memberikan semangat kepada masyarakat untuk berusaha menjaga kearifan lokal dan mengembangkan destinasi desa wisata. 


"Mudah-mudahan di waktu yang akan datang ini menginspirasi desa-desa lain membuat destinasi desa wisata. Harap bupati.


( Nang Tirta)

No comments:

Post a Comment