Kasus Positif Covid-19 Terus Naik, Pemkab Purworejo Siapkan GOR Sarwo Edhie Wibowo Untuk Isoman Terpusat - Koran Purworejo

Breaking

Total Pengunjung Situs

Saturday, July 24, 2021

Kasus Positif Covid-19 Terus Naik, Pemkab Purworejo Siapkan GOR Sarwo Edhie Wibowo Untuk Isoman Terpusat

KORANPURWOREJO.COM
PURWOREJO,
Mengantisipasi lonjakan kasus positif Covid-19, Pemerintah Kabupaten Purworejo mempersiapkan GOR Sarwo Edhie Wibowo sebagai lokasi isolasi mandiri (isoman) terpusat. Pemkab menyiapkan sebanyak 50 velbed (tempat tidur lipat) untuk disiapkan sebagai tempat tidur pasien di GOR Sarwo Edhie Wibowo. Jumlah velbed bisa saja ditambahkan, jika isoman di rumah, terkendala kondisi rumah yang tak layak untuk isoman, dimana kapasitas mencapai 200 velbed.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purworejo, Said Romadhon mengungkapkan, selama ini pelaksanaan isoman di rumah masing-masing banyak terkendala kondisi rumah yang kurang mendukung. Misalnya tidak tersedia kamar dan kamar mandi yang terpisah, sehingga masih bercampur dengan anggota keluarga yang tidak terpapar.

"Pemkab Purworejo menyiapkan GOR Sarwo Edhie Wibowo sebagai lokasi isoman terpusat bagi warga terkonfirmasi positif Covid-19, yang tidak memungkinkan melakukan isolasi mandiri di rumah," jelas Said.

Dikatakan Said, Selain kondisi rumah pasien yang tidak mendukung, ada syarat klinis yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan isoman di GOR. Antara lain usia kurang dari 45 tahun, tanpa gejala atau bergejala ringan, serta tidak memiliki komorbid (penyakit penyerta).

“Syarat tersebut disesuaikan dengan fasilitas yang serba darurat, yang tentunya berbeda dengan di rumah sakit. Sehingga tidak memungkinkan untuk warga yang sudah sepuh, bergejala berat atau memiliki komorbid,” tutur Said.
Dijelaskan, mereka yang menjalani isoman akan mendapatkan fasilitas dasar seperti kamar mandi, air bersih, penerangan serta vitamin dan obat-obatan penunjang. Tak hanya itu, setiap warga yang isolasi diberikan makan tiga kali sehari serta makanan kudapan. Mereka juga akan didampingi oleh tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan serta petugas lainnya seperti dari Dinsos, BPBD, TNI/Polri. Selain GOR, Pemkab juga akan menyiapkan sejumlah lokasi lain untuk isoman terpusat. Seperti Gedung Kesenian WR Soepratman, Ganesha Convention Hall dan Gedung Diklat Kutoarjo.

"Selain lokasi isoman terpusat tingkat kabupaten, lokasi isoman terpusat juga disiapkan di tingkat kecamatan dan desa. Sampai saat ini tercatat sudah ada 2.358 tempat tidur yang tersedia, baik yang dipersiapkan oleh pemerintah kecamatan maupun pemerintah desa," tutupnya.
(Nang/Roh)

No comments:

Post a Comment