Di Kuwurejo, KODIM Lakukan Bedah Rumah, Bikin Warga Jadi Bungah - Koran Purworejo

Breaking










Friday, July 9, 2021

Di Kuwurejo, KODIM Lakukan Bedah Rumah, Bikin Warga Jadi Bungah



KORANPURWOREJO.COM

Kutoarjo, – Ceti Lukito (70) warga Desa Kuwurejo Rt 01/02 Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo kini bisa tersenyum lega karena rumahnya yang tidak layak huni telah selesai di perbaiki.


Renovasi Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH) ini di lakukan oleh satuan Kodim 0708 Purworejo melalui Koramil 05 Kutoarjo yang bekerja sama dengan Baznas Kabupaten Purworejo. Hal ini wujud kepedulian TNI kepada warga yang mengalami kekurangan di wilayah Kecamatan Kutoarjo. 


 Peresmian dilakukan oleh Komandan Kodim 0708 Purworejo, Letkol Inf Lukman Hakim S.Sos.,M.Si dengan penyerahan kunci secara simbolis yang di saksikan oleh Camat, Danramil Kapolsek Kutoarjo serta bendahara Baznas Kabupaten Purworejo Kamis (8/7).


Dandim 0708 Purworejo Lukman Hakim mengatakan, ini adalah program kemanusian yang di lakukan TNI Polri melalui Babinsa dan Babinkantibmas yang melaksakanan tugas dengan  bersinergi dengan pemerintah desa melihat ke daerah yang sulit terjangkau disitu mereka mendata melaporkan keberadaan rumah tidak layak huni milik warga. 


“ini merupakan upaya untuk  memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat guna mendukung terwujudnya Ketahanan wilayah dalam sistem pertahanan semesta,untuk  memotivasi dan menumbuhkan semangat kegotongroyongan guna menciptakan proses pemberdayaan masyarakat dalam akselerasi pembangunan di pedesaan.” Ucap nya. 


Lebih lanjut Dandim menuturkan kegiatan seperti ini perlu untuk diselenggarakan dan dikembangkan secara terus menerus dan di perioritaskan warga yang ada di pedesaan, selain ditujukan untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat, juga sebagai wadah efektif bagi TNI untuk menjaga dan memelihara silaturahmi serta komunikasi dengan rakyat.


“Dengan terwujudnya hubungan emosional, rasa kebersamaan dan kemanunggalan  TNI dan rakyat ini hendaknya dapat dijadikan sebagai kekuatan penangkal yang handal terhadap setiap bentuk ancaman ketahanan bangsa dan negara, imbuhnya. 


Sementara itu Bendahara Baznas Kabupaten Purworejo Maryono mengatakan dari warga melalui pemerintah desa mengajukan bantuan ke Baznas untuk pembangunan rumah tidak layak huni, kemudian bersama dengan Kodim turun kelapangan mengecek kondisi tersebut untuk melakukan program kemanusian yang ada di daerah pedesaan. 


“Kita akan selalu siap bekerja sama dengan Kodim 0708 Purworejo untuk menuntaskan kemiskinan di wilayah  Kabupaten Purworejo. Baznas akan selalu mendukung program Kodim untuk  membantu masyarakat yang rumahnya tidak layak huni, pungkasnya.

( B/ Nang).

1 comment: