Pandemi Covid -19 Lahirkan Budaya Kerja Baru - KORAN PURWOREJO

Breaking

Selasa, 08 Juni 2021

Pandemi Covid -19 Lahirkan Budaya Kerja Baru


KORANPURWOREJO.COM

Pada Tahun 2020 ramai dibicarakan tentang virus yang lebih dikenal dengan Virus Corona atau Covid-19 awal mulanya virus tersebut pertama kali muncul di Wuhan, China. Lalu setelah itu menjalar sampai ke Indonesia. 
Ditulis Oleh : Mila Dwi Nurohmah

Virus Corana ini sangat berdampak pada usaha mikro kecil menengah yang ada di negara-negara didunia terutama Indonesia. Virus ini tidak hanya merugikan di bidang UMKM saja namun dibidang pariwisata, transportasi umum, tempat wisata bahkan aktivitas dalam bekerja pun ikut terdampak dengan adanya virus tersebut.  Sebelum terjadi adanya virus ini, banyak orang yang bekerja akan selalu pergi ke kantor untuk memberikan pelayanan kepada stakeholder dan ada juga yang akan selalu pergi ke sekolahan maupun ke kampus untuk memberikan materi/pelajaran kepada anak sekolah ataupun mahasiswa. Namun dengan adanya virus tersebut dan penyebaranya yang sangat cepat melalui interaksi dengan orang yang sebelumnya orang tersebut telah terpapar atau terinfeksi virus, yang pada akhirnya menyebabkan adanya perubahan perilaku di masyarakat. Hal ini juga adanya himbauan “Social Distancing” untuk mengurangi aktivitas di luar rumah serta mengurangi ke tempat-tempat yang ramai atau tempat-tempat untuk berkumpulnya orang seperti kantor, sekolah, tempat wisata. Perubahan dalam aktivitas bekerja salah satunya adalah dalam bentuk work from home. Perubahan-perubahan di lingkungan kerja yang terjadi akibat pandemi covid-19.


Perubahan Jam Kerja
Sebelum pandemi jumlah jam kerja yang dilakukan oleh pekerja itu 6 hari jam kerja, namun karena danya pandemi ini maka jam kerja nya diubah menjadi ada yang sistemnya sehari kerja sehari libur atau ada juga yang jam kerjanya cuma 3 hari saja dalam satu minggu. Hal ini di karenakan adanya beberapa faktor harus menerapkan social distancing selama masa kerja.

Konverensi Virtual
Selama pandemi ini komunikasi virtual merupakan langkah yang ralistis. Kemajuan teknologi di jaman sekarang ini telah memberikan solusi kepada seseorang agar tetap bisa bekerja secara online di tengah himbauan untuk menjaga jarak fisik, sehingga komunikasi konferensi vidio semakin mudah dilakukan, antara lain zoom, google meet, webex dan lain-lain. menjelaskan tentang perubahan budaya kerja yang mana yang awalnya sebelum pandemi merajalela para pekerja seperti dosen, guru dan lain-lain itu bekerja secara tatap muka atau offline, namun karena adanya pandemi seperti saat ini maka dari itu masyarakat yang bekerja di luar rumah untuk sementara bekerja secara  work from home atau bekerja dari rumah agar tidak terjangkit virus corona yang sedang marak saat ini. **

Penulis : Mila Dwi Nurohmah
Mahasiwa Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAYANGAN HALAMAN