FORUM KOMUNIKASI PENYULUHAN AGAMA ISLAM PURWOREJO GELAR SILATURAHMI DAN HALAL BIHALAL - KORAN PURWOREJO

Breaking

Kamis, 10 Juni 2021

FORUM KOMUNIKASI PENYULUHAN AGAMA ISLAM PURWOREJO GELAR SILATURAHMI DAN HALAL BIHALAL


KORANPURWOREJO.COM
PURWOREJO, Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam, Kementerian Agama Kabupaten Purworejo menggelar Silaturahmi Halal Bihalal, Kamis (10/6/2021), acara berlangsung di suasana outdoor di pantai dewaruci, Jatimalang, kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.

Kegiatan silaturahmi dalam suasana akhir bulan syawal 1442 Hijriyah. Acara berlangsung dihadiri Kepala Kemenag Purworejo H. Fatchul Rahman, M.Pd,I. Kasubag Tata Usaha Kemenag Kabupaten Purworejo dan juga Tanfidziyah PCNU Purworejo, KH. Drs. Farid Sholihin M,MPd. dan Ketua FKPAI Ky. M. Hasim dan diikuti puluhan Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI). Silaturahmi halal bihalal digelar masih suasana pandemi Covid-19, kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran.

Sambutan Ketua FKPAI Kabupaten Purworejo Ky. M. Hasyim 

Ketua Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam Kabupaten Purworejo, Ky. M. Hasyim mengucapkan ikrar halal bihalal ditunjukkan ke pada Keluarga Besar Kemenag Kabupaten Purworejo. "Mohon maaf lahir dan batin dari teman-teman penyuluh, baik secara pribadi atau kelembagaan mohon untuk dimaafkan, hak adam mohon dihalalkan," ucapnya.

Ky. M. Hasim menyampaikan, sehubungan dengan akan diadakanya lomba penyuluh teladan provinsi kami mohon doa restu dan dukungan dari kantor Kemenag Purworejo, khususnya kasi bimas islam dan kepala Kemenag semoga wakil dari penyuluh agama islam fungsional Muh. Dzain, S.Ag dan wakil dari penyuluh agama islam non PNS Gus M. Nurul Fahmi yang Mengikuti kompetensi penyuluh teladan provinsi Jawa Tengah semoga hasil maksud.

"Semoga bisa membawa nama baik Kabupaten Purworejo jika nanti bisa maju ke tingkat Nasional, dikarenakan tahun lalu Kabupaten Purworejo mendapat peringkat 2 penyuluh teladan Nasional yang dibawakan oleh Ibu Ratna Ulfathul Fuadziah, S. Th.I. Harapan kami penyuluh kabupaten Purworejo semakin solid dan semakin kompak bisa berkhidmah kepada ummat bermanfaat khususnya umat Islam di Kabupaten Purworejo," terangnya.

Sambutan Kasubag Tata Usaha Kemenag Kabupaten Purworejo dan juga Tanfidziyah PCNU Purworejo, KH. Drs. Farid Sholihin M.MPd.

Kasubag Tata Usaha Kemenag Kabupaten Purworejo dan juga Tanfidziyah PCNU Purworejo, KH. Drs. Farid Sholihin M.MPd. menerima ikrar halal bihalal dari penyuluh agama islam, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh penyuluh Agama Islam di Kabupaten Purworejo, dari kami atas nama Kemenag Kabupaten Purworejo. Diharapkan p
ara penyuluh agama Islam (PAI) yang mana penyuluh berperan juga sebagai amar makruf nahi munkar.

"Jangan hanya membenahi yang diluar (orang lain) saja, didalam (diri sendiri) juga harus dibenahi, Karena setiap orang itu mempunyai sifat malikiyah, syaithaniyah dan bahimiyah. Harus selalu berbenah menjadi yang lebih baik," tuturnya.

KH. Farid Solihin menyampaikan, Penyuluh adalah ujung tombak kantor Kementerian agama harus bisa menjaga diri jangan sampai melakukan perbuatan yang tidak terpuji, Penyuluh harus jujur dalam membuat laporan bulanan kegiatan kepenyuluhan.

"Penyuluh harus memahami wawasan kebangsaan. Harus bisa menyelesaikan setiap ada konflik di masyarakat bukan malah menimbulkan masalah di masyarakat," terangnya.

Kepala Kemenag Purworejo, H. Fatchul Rahman, M.Pd,I. mengatakan, mari kembali memperketat prokes, karena Purworejo kembali menuju zona merah. Turut serta mensosialisasikan kepada warga untuk berhati-hati menjaga lingkungan, mengingat musim kemarau, sudah terjadi dua kebakaran di Purworejo.

"Penyuluh hendaknya selalu berusaha meningkatkan kompetensinya, bisa melalui yang jalur kuliah (jika perlu memerlukan ijin belajar, siap memberikan surat ijin belajar), ataupun bisa mengaji lagi ke Kyai/ Nyai/Ustadz siapa yang diminati. Penyuluh hendaknya sebagai tokoh dalam moderasi beragama," tuturnya. 

Roh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAYANGAN HALAMAN