Bersih dan Sehat, Gerakan Warga Maksimalkan Sektor Pariwisata - Koran Purworejo

Breaking










Sunday, June 27, 2021

Bersih dan Sehat, Gerakan Warga Maksimalkan Sektor Pariwisata



Sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, Kabupaten Temanggung memiliki banyak tempat pariwisata yang membuat banyaknya pengunjung dari luar wilayah datang ke Temanggung. Segudang potensi yang dimiliki Temanggung tentu dapat digunakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Temanggung. Di sisi lain, Temanggung kini berurusan dengan permasalahan sampah plastik yang mencemari lingkungan dan merusak citra pariwisata.

Penulis Artikel : Dicky Ria Musthofa

Pemerintah kabupaten Temanggung merasakan perlunya perubahan perilaku dan pengembangan pola pikir masyarakat dalam memperlakukan lingkungan. Sehingga temanggung dapat memaksimalkan sector pariwisatanya dalam jangka panjang.

Membuang sampah sembarangan merupakan hal yang sering kita lakukan padahal tidak jauh dari tempat itu ada tempat sampah. Sampah yang ada di pinggir jalan lebih banyak daripada sampah yang ada di tempat sampah.

Akibatnya membuang sampah sembarangan tentu saja mengakibatkan kerugian yang tidak bias di anggap sepele. Dampak membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap, mendatangkan berbagai penyakit dan dapat mencemari lingkungan pariwisata.

Pengendalian Sampah Sederhana
Maka dari itu, mulai sekarang marilah kita membiasakan diri untuk tidak membuang sampah. Apasih susahnya membuang sampah pada tempatnya? Hanya mengantongi sampah saja, membawa ke tong sampah, itu mudah banget dan memberikan pengaruh efek kebaikan yang besar. Pengendalian sampah yang paling sederhana dan efektif adalah dengan menumbuhkan kesadaran dari dalam diri sendiri untuk tidak merusak lingkungan dengan sampah.

Kontrol Sosial Sadar Akan Budaya Lingkungan
Mulailah tanamkan niat, bahwa, “aku harus membuang sampah pada tempatnya”. Selain itu juga diperlukan kontrol sosial budaya masyarakat untuk lebih menghargai lingkungan. Peran pemerintah dalam hal ini juga sangat diperlukan, dengan peraturan-peraturan dan sanksi-sanksi yang ada, diharapkan bias meminimalkan perusakan lingkungan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Artikel ditulis oleh : Dicky Ria Musthofa
Mahasiswa Semester 6 Universitas Sarjanawiata Tamansiswa Jogjakarta



No comments:

Post a Comment