BANGUN GENERASI MUDA ANTI HOAX, KWARCAB PURWOREJO GELAR PELATIHAN JURNALISTIK - Koran Purworejo

Breaking

Total Pengunjung Situs

Tuesday, June 22, 2021

BANGUN GENERASI MUDA ANTI HOAX, KWARCAB PURWOREJO GELAR PELATIHAN JURNALISTIK


KORANPURWOREJO

PURWOREJO

Guna menumbuhkan generasi muda yang cakap dalam bidang jurnalistik , Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo menggelar pelatihan jurnalistik dan media sosial. 

 Dengan tema Jadikan Jurnalistik yang Aktif, Kreatif dan Inovatif. Pelatihan jurnalistik dan media sosial tersebut guna  membangun generasi jurnalistik yang bertanggung jawab dan anti hoax.


Pelatihan diikuti oleh puluhan peserta  anggota Pramuka dan siswa SMA/SMK se-Kabupaten Purworejo.

 Menghadirkan narasumber dari kalangan kaluarga Kwartir cabang Purworejo, penggiat media sosial dan pengusaha.

Acara pelatihan dibuka oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo Pram Prasetya Ahmad di Sanggar Bakti Pramuka Purworejo pada Selasa (22/6).

Pram Prasetya Ahmad mengemukakan,  Peningkatan kapasitas jurnalustik diperlukan.  Karena dewasa ini pemanfaatan jurnalistik dan media sosial sangat masiv.

"Kita tahu bahwa aktivitas jurnalistik dan media sosial memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan masyarakat baik dalam konteks politik, sosial, budaya dan yang lainnya," ungkap Pram.

Maka dari itu, lanjut Pram, generasi muda harus memahami bagaimana mengolah sebuah karya jurnalistik dengan baik dan menginformasikan suatu hal dengan sesuai fakta yang ada. Sehingga tercipta jurnalistik yang bertanggung jawab yang akan menghadirkan hal yang positif di tengah-tengah masyarakat.


"Namun jika yang diberitakan hoax, maka akan menimbulkan kegaduhan yang negatif di masyarakat, oleh karena itu, dengan adanya pelatihan ini, generasi muda nantinya bisa menjadi kader-kader jurnalistik yang bertanggung jawab dan anti hoax," jelas Pram.


Lebih lanjut, Disampaikan Pram, peserta prlatihan juga dilatih dalam hal penalaran informasi dan bagaimana mewartakannya. Peserta juga dilatih agar bijak dalam penggunaan media sosial. Agar media sosial bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan dan kapasitas generasi muda yang positif dan tidak mudah terpengaruh berita bohong.


Peserta dilatih kepekaannya terhadap suatu peristiwa dan permasalahan, sehingga bisa tahu bagaimana harus bersikap dalam menghadapi suatu peristiwa. Dalam pelatihan ini, peserta juga akan diberikan wawasan kemampuan berkomunikasi yang baik. Bagaimana cara mengkomunikasikan sebuah informasi sehingga bisa diterima dengan jelas oleh masyarakat. Dengan komunikasi yang baik maka akan terbangun juga kemampuan adaptasi yang baik.

Maka nantinya bisa membangun simpati dan empati sehingga sebuah informasi bisa diterima dengan baik oleh masyarakat," tandasnya.


Sementara itu, Ketua penyelenggara kegiatan pelatihan Wuryanto mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik dan media sosial dengan tema Jadikan Jurnalistik yang Aktif, Kreatif dan Inovatif ini akan dilaksanakan sehari penuh mulai pukul 07.30 WIB sampai 16.30 WIB.

Nantinya, peserta pelatihan akan dibekali pengetahuan mengenai jurnalistik dan kehumasan. Diharapkan setelah pelatihan ini peserta bisa paham tentang proses bagaimana peliputan suatu kegiatan dan menyampaikan informasi kegiatan tersebut melalui sebuah narasi yang penuh tanggung jawab dan realistis.

"Diharapkan dengan adanya pelatihan ini akan menumbuhkan generasi jurnalistik yang berkualitas yang bisa menyampaikan informasi yang sesuai fakta," imbunya.



(As/Nang)

1 comment:

  1. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua kebenaran, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan website ini adalah pencuri (SCAMMERS), saya telah menjadi korban dari cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk menceritakan kisah tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberi tahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang Allah kirimkan untuk mengubah hidup saya,  mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lainnya yang Anda lihat di sini online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammers, bagaimana bisa satu perusahaan memberikan pinjaman?, itu harus menjadi pertanyaan pertama Anda orang-orang saya.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda atas nama Allah, bahwa saya mengatakan yang sebenarnya, ALL GLOBAL GRANT LOAN, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman seperti yang dipersyaratkan.

    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi  mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan keuangan Anda dan untuk meningkatkan tingkat hidup Anda, ini EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di EMAIL saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi kisah kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberi saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    EMAILPerusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com.
    Whatsapp Perusahaan :   +1(301)971-444
    Email Saya:  fradesyriritia12@gmail.com

    ReplyDelete