PANDEMI COVID-19, SEBABKAN BANYAK PERUBAHAN PERILAKU POLA HIDUP - KORAN PURWOREJO

Breaking

Senin, 31 Mei 2021

PANDEMI COVID-19, SEBABKAN BANYAK PERUBAHAN PERILAKU POLA HIDUP


KORANPURWOREJO

 Akibat covid-19 yang melanda dunia, banyak membawa korban manusia. Serta bisa mengancam siapapun, tanpa pandang bulu. Tampaknya penting untuk dikaji. Kali ini Koran Purworejo pada Rubrik Humaniora menurunkan tulisan, yang mengupas hal tersebut. 


Ditulis oleh : Fierna Fajar Swasti.

Dunia saat ini sedang menghadapi pandemic yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 (Virus Corona) dan infeksinya yang disebut COVID-19. Infeksi virus ini awalnya ditemukan di Wuhan, Cina pada Desember 2019 dan telah menyebar dengan cepat ke berbagai belahan dunia. Pandemic ini mempengarhi berbagai perubahan di sector sosial ekonomi seluruh wilayah yang terjangkit, dan bukan hanya Cina saja.


Diawal kemunculannya, virus ini mendapat beragam respons yang muncul dari masyarakat Indonesia. Sebagian mulai berhati-hati dan menerapkan pola hidup sehat.

Masyarakat melakukan perubahan pola hidup baru.

 Tetapi lebih banyak yang tidak peduli dan terkesan meremehkan ; bahkan menjadikan virus ini sebagai bahan candaan . Bukan hanya masyarakat biasa, pejabat –pejabat pun banyak yang meremehkan keberadaan virus ini dan tidak melakukan persiapan maupun antisipasi munculnya wabah ini di Indonesia. Bahkan ketika COVID-19 mulai menyebar dengan cepat ke berbagai daerah,  beberapa Negara telah menutup akses keluar masuk, pemerintah dan warga Indoneisa masih terkesan santai dan kurang melakukan tindakan pencegahan terhadap virus ini.


Awal Masuk Ke Indonesia

Pandemic masuk ke Indonesia mulai tanggal 2 Maret  2020 ketika pasien nomor 1 diumumkan, hingga sekarang sudah 1 tahun lebih namun belum ada tanda-tanda bahwa ini akan selesai atau bersih dari Indonesia. Walaupun pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk menghentikan ini, dari social distancing, PSBB, dan New Normal nantinya, virus ini tidak akan bersih. Apakah yang dilakukan pemerintah ini sia-sia walaupun pemerintah sudah melakukan tugasnya sebagai pelindung warga Negara, itulah yang membuat warga merasa eksistensi pemerintah dalam pandemic ini. Kajian Global, penyebaran berita informasi tentang wabah di Wuhan, Cina mempercepat penularan psikologis dan sosiologis untuk Negara lain. Ditambah lagi arus transportasi yang masih dibuka diberbagai Negara, globalisasi adalah tidak adanya batas Negara yang menutup informasi dan transportasi sehingga warga secara fisik dan nonfisik terhubung.

Dampak dari COVID-19

Secara informasi COVID-19 menyebar ke berbagai Negara hingga ke Indonesia, hal tersebut menyebabkan terjadinya perlambatan ekonomi. Banyak orang menunda kegiatannya, proses industry terganggu, perjalanan bisnis ditunda, pariwisata terhenti, bahkan ibadah umrah pun terpaksa batal. Akibat dari hal tersebut banyak perusahaan yang melakukan PHK besar-besaran terhadap karyawan  karena adanya COVID-19.

Pemerintah juga mendorong perubahan perilaku hidup, menggunakan anjuran media poster


Seiring seruan isolasi mandiri, dengan tidak keluar rumah, keculi dalam kondisi mendesak, demi memutus rantai penyebaran COVID-19, publik tengah membentuk rutinitas berbeda dengan ruang gerak terbatas. Kondisi masyarakat saat ini tidak dapat diprediksi. Pada masyarakat kelas menengah, umumnya sedang mengalami ketidakpastian dan kegundahan luar biasa. Karena sebagian anggota masyarakat yang biasa bekerja pada sektor publik, muncul pula rasa bosan karena harus beraktivitas dan mengerjakan pekerjaan di rumah selama masa pandemic COVID-19. Namun, pada masyarakat kelas bawah yang harus berjuang mencari nafkah harian, kondisi pandemic seperti ini tidak terlalu berbeda dengan masa pra pandemic. 


Masayarakat yang terkena PHK tersebut lebih memilih untuk pulang dan menetap di kampung halaman, juga tidak banyak masyarakat yang membuka usaha sendiri. Seperti berjualan makanan ataupun minuman baik secara online maupun offline. Masyarakat juga mengubah pola hidup, seperti keluar rumah harus selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan juga mencuci tangan, bahkan sekarang hampir disetiap rumah maupun toko dan warung sudah menyediakan tempat untuk mencuci tangan sesuai dengan protokol kesehatan. Masyarakat juga mulai bekerja dari rumah, kegiatan jual bali secara online, bahkan kegiatan belajar mengajar juga dilakukan secara daring atau online. Perubahan fashion masyarakat juga mulai berubah akibat dari penggunaan masker saat keluar rumah.

Olah raga salah satu cara membangun imun. Feshion baru melengkapinya dengan masker.


Perubahan pola hidup juga tampak dari meningkatnya frekuensi dan intensitas penggunaan teknologi dan interaksi secara virtual. Jual beli one line dll.

Namun tidak semua masyarakat bisa menerapkan perubahan-perubahan pada masa pandemic ini. Beberapa kelompok yang rentan adalah masyarakat yang tidak bisa atau terbatas mengakses internet dan kemampuan menggunakan platform digital, baik karena secara capital maupun yang tidak atau terbatas dalam hal kemampuan literasi.

Solusi

Untuk mengontrol perilaku terhadap perubahan pola hidup, kita harus berusaha untuk tetap berpikir rasional walaupun sulit dilakukan saat ini. Pandemic COVID-19 telah merubah berbagai aspek dalam keseharian kita. 

Bermasker, jaga jarak adalah salah satu perilaku solusi.


Kecemasan dan rasa tidak aman yang dialami sebagian besar dari kita harus bisa bertahan hidup dan juga membantu orang lain bertahan. Penerapan pola hidup sehat dan mengikuti anjuran pemerintah juga harus kita lakukan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.


Perubahan perilaku hidup dari tidak bermasker jadi bermasker, cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan, adalah harus menjadi habid kebiasan baru.

Selain itu, tidak kalah penting, setiap insan hendaklah membangun imunitas dirinya dengan baik. Memakan asupan yang membuat kekebalan tubuh, serta berolah raga. ***


Penulis Fierna Fajar Swasti seorang Mahasiswa Fakultas Ekonomi, di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Jogjakarta.

1 komentar:

  1. Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti seorang wanita dari indonesia, dan saya bekerja dengan negara berkembang biak, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya ingin segera menggunakan media ini untuk seluruh indonesia untuk mencari pinjaman internet Sangat hati-hati - Berhati-hatilah agar tidak jatuh ke tangan scammers dan penipu, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa dalam upaya asli dan nyata,

    Saya ingin memberikan kesaksian saya tentang bagaimana ALLAH membimbing saya ke pemberi pinjaman nyata dan dana pinjaman nyata telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Anugerah, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditur kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapatkan pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditur kredit asli online yang tidak akan menambah rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapatkannya. Pinjaman online, kami meresmikan kami tentang masalah ini dan dia menceritakan kisah seorang wanita bernama Mrs ELINA JOHNSON yang merupakan CEO ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN.

    Maka saya dan suami mengajukan aplikasi untuk jumlah pinjaman (Rp 1.000.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak menjaga usia saya, karena saya mengatakan apa yang saya ingin membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tidak ada stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang saya setorkan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com

    Tidak hanya sampai di situ, sang ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda dalam berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

    Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu saya melakukan ini. Saya berdoa semoga ALLAH memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com nice day info lebih lanjut..

    BalasHapus

TAYANGAN HALAMAN