MANFAATKAN TEKNOLOGI , PEMASARAN UMKM BISA LEBIH MAJU LAGI - KORAN PURWOREJO

Breaking

Selasa, 25 Mei 2021

MANFAATKAN TEKNOLOGI , PEMASARAN UMKM BISA LEBIH MAJU LAGI

 


KORANPURWOREJO

Ada banyak cara untuk memajukan usaha UMKM. Salah satunya memanfaatkan tekhnologi, atau bisa melalui phonsel yang kita miliki. Kali ini Rubrik Budaya KoranPurworejo menurunkan tulisan yang mengupas Pengaruh tekhnologi bagi dunia usaha.

Ditulis Oleh Ade Yeni Riska Anggraini


Mengikuti perkembangan era yang semakin maju, yang semakin hari semakin pesat kemajuannya.

Dapat diperkirakan teknologi akan memberikan kontribusi yang sangat besar dimasa depan. Maka semua dapat dilakukan dengan mudah, bahkan bukan hanya dari segi komunikasi, namun teknologi juga berperan sangat penting untuk dunia perekonomian. 


Ekonomi digital akan mendukung aktivitas-aktivas ekonomi yang sudah ada. Ekonomi digital dipercaya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

Melalui pemanfaatan teknologi ini produk-produk local Indonesia bakal  mampu memasuki pasar global. Selain itu dengan memanfaatkan teknologi digital ini diharapkan mampu meningkatkan persaingan produk dan jasa dari mikro hingga makro.


Teknologi e-commerce

Salah satu teknologi digital yang kini merambah luas yaitu e-commerce. Peningkatan bisnis e-commerce ini dapat membantu mengembangkan bisnis mikro kecil yang sebelumnya hanya melakukan promosi melalui mulut ke mulut menjadi promosi melalui social media.


 Hal semacam itu menjadi peluang besar bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dengan mengenal adanya teknologi digital, mereka dapat mengenalkan produknya ke berbagai wilayah dan lapisan masyarakat. Perubahan sistem dari manual ke teknologi digital ini memiliki keuntungan dari sisi konsumen ataupun penjualnya. Dengan adanya penjualan online ini konsumen dapat melakukan pemesanan dari rumah tanpa keluar rumah, apalagi dimasa pandemic saat ini sehingga lebih praktis dari pada belanja secara konvensional pada toko retail.


 Dengan penjualan online konsumen dapat dengan cepat memperoleh informasi tentang produk yang dibutuhkannya dan dapat melakukan transaksi pembelian dimana saja, dan kapan saja secara online. Dari sisi pelaku usahanya, e-commerce ini tidak hanya membuka pasar baru bagi produk atau jasa yang ditawarkan melainkan juga mempermudah UMKM untuk melakukan bisnis ayang dijalankan.


 Pelaku usaha tidak perlu kantor ataupun toko fisikk. Pelaku usaha dapat memasarkan produknya dari rumah hanya dengan mengunakan gadget. Selain itu dengan E-commerce ini juga sangat efisien dari sudut waktu, karena dapat mempermudah pencarian informasi produk dan transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan lebih akurat.


Dampak positif

Dari beberapa dampak positif penggunakan teknologi digital pada UMKM ini, ada juga permaslaahan-permasaahan yang mungkin akan dihadapi ketika menggunakan teknologi digital untuk UMKM yang baru di rintis. Permasalahan-permasalahan yang dapat muncul adalah tentang keamanan data pribadi. Diperlukan regulasi yang lebih ketat untuk marketplace agar lebih bertanggung jawab atas data pribadi konsumen, jangan sampai disalahkan ileh pihak yang tidak bertanggung jawab. Keamanan transaksi jual beli juga masih menjadi masalah. Banyak transaksi palsu dan penipuan belanja online. Namun disini belum ada perlindungan konsumen untuk transaksi pada pelaku usaha, maka dari itu masyarakat harus lebih cermat lagi dalam memilih toko online agar tehindar dari penipuan. Untuk permasalahan yang selanjutnya yaitu dari sisi logistic. Dimana pihak logistic belum bisa mencakup daerah-daerah pelosok di Indonesia. Resiko barang lama bahkan tidak sampai karena alamat yang terlalu susah untuk dicari membuat masyarakat malas berbelanja online. 


UMKM memiliki peranan yang penting bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak terlepas dari peran usaha UMKM. Khususnya UMKM yang kini semakin berkembang pada sektor-sektor industry. Dengan melakukan inovasi-inovasi produk dan strategi pemasaran yang bagus dapat memperkuat posisi UMKM menjadi bisnis yang berkembang. Selain itu dengan pemanfaatan Teknologi Digital yang maju mempermudah UMKM dalam merambah bisnis online yang besar. Pemanfaatan E-Commerce ini dapat dilakukan guna memperluas akses pasar, membuka lapangan pekerjaan serta memberikan dampak positif bagi berbagai sektor pendukung bisnis e-commerce lain yang pada akhirnya dapat memberi kontribusi bagi percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Tidak hanya bergantung pada teknologi digital saja, namun UMKM juga harus melakukan inovasi produk atau jasa yang ditawarkan agar mampu bersaing di pasar. Produk yang berkualitas akan mendorong minat beli konsumen sehingga melalui e-commerce UMKM bisa meluaskan pasar dan mendapatkan pelanggan. Selain itu juga harus diimbangi dengan pengelolaan administrasi yang baik seperti pengembangan website sebagai sarana promosi sehingga akan meningkatkan jumlah penjualan dan meningkatkan pendapatan. E-commerce juga menjadi akses agar UMKM dapat menembus pasar ekspor. Teknologi digital menjadi peluang besar bagi UMKM untuk menembus pasar Internasional.


Kendala bagi pelaku usaha salah satunya adalah penguasaan teknologi yang masih rendah dan adanya keraguan untuk mengoptimalkan penggunaan e-commerce dalam bisnis mereka. Banyak yang merasa gagap teknologi dan malas untuk mempelajari teknolgi digital baru. Padahal pelaku bisnis itu harus pro aktif dan mau belajar demi kemajuan bisnisnya. Selain itu kurang meratanya sistem informasi dan jaringan internet diwilayah terpencil Indonesia, membuat pelaku UMKM daerah susah untuk masuk ke dalam e-commerce. 


Solusi pagi pelaku UMKM

Dengan adanya kendala tersebut perlu adanya kerjasama antara pelaku usaha dan juga pemerintah untuk mencari solusi terbaik atas kendala-kendala tersebut. Pemerintah sebagai regulaor, fasilisator dan akselerator berperan sangat penting dalam memberikan landasan hukum baik untuk pelaku usaha online maupun offline agar terjadi kesetaraan disetiap daerah. Sehingga tidak membatasi pelaku usaha UMKM untuk berbisnis. Dapat dilihat dari kemajuan teknologi saat ini banyak bermunculan wirausahawan baru yang merintis usaha untuk menyambung ekonomi mereka. Peningkatan ekonomi masyarakat juga meningkat drastis semenjak pelaku usaha banyak yang sudah merambah pada teknologi digital, muncuknya online shop dan resseler dapat menguragi pengangguran dan dapat menciptakan pemuda yang unggul dengan sukses diusia muda. Ini patut terus dikembangkan potensinya.


Solusi yang lainnya yaitu dengan penggunaan website bagi UMKM. Sebab  website dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam marketing sehingga bisa dimuat dalam media dengan lebih efektif dan mudah dicari. 

Selain menggunakan Website, manfaatkan pula social media dari facebook, instagram dan tik tok yang kini aplikasi tersebut banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. 

Media social menjadi media transaksi antara UMKM dan konsumen.

 Untuk solusi yang selanjutnya yaitu tidak perlu menggunakan uang kertas. Gunakan saja transaksi cashless payment. UMKM dapat menggunakan aplikasi dompet digital seperti OVO, Gopay dan yang lainnya untuk menyimpan uang. 

Selain untuk menyimpan uang, dompet e-wallet ini dapat digunakan sebagai media pembayaran. Ditengah kondisi pandemic saat ini protocol kesehatan siterapkan begitu ketat, sehingga pentingnya menjaga jarak . Dengan adanya dompet e-wallet ini selain mempermudah sistem pembayaran secara tidak langsung,  juga menaati peraturan protocol kesehatan dimasa pandemic saat ini. Itulah beberapa solusi yang dapat diimplementasikan pada bisnis ekonomi UMKM pada kemajuan digital saat ini.***


Ditulis Oleh Ade Yeni Riska Anggraini. Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAYANGAN HALAMAN