NY.GINARTI & 85 UMKM LAINNYA, TRANSAKSI DI PASAR TIBAN PITURUH CAPAI Rp 50-AN JUTA - KORAN PURWOREJO

Breaking

Senin, 19 April 2021

NY.GINARTI & 85 UMKM LAINNYA, TRANSAKSI DI PASAR TIBAN PITURUH CAPAI Rp 50-AN JUTA


KORANPURWOREJO.COM

PITURUH.

Bulan ramadhan bagi masyarakat Pituruh, menjadi bagian dari tradisi untuk meraup rejeki. Khususnya bagi para pedagang pasar tiban  ramadhan di seputar area alun alun. Juga di jalan arah Kemiri,  jalan arah Brenkol. Serta area luar pasar Pituruh, yang selama ini biasa biasa saja, kini menjadi tempat transaksi pedagang UMKM dengan para penjaja kuliner.

Sudah barang tentu aktifitas jual beli kuliner tersebut menjadi ladang baru bagi para pelaku UMKM di Pituruh. Pemerintah setempat mesti harus hadir, mensuportnya. 


Situasi barat pasar Pituruh

Ny. Ginarti Pujiono ( 54 th )  salah satu diantara UMKM lain, warga Krajan Desa Pituruh. Omsetnya tiap sore hari, bisa menjual 500 an bungkus menu masakan, hingga mencapai Rp 3 juta. 


Ia bahkan mempekerjakan 4 orang untuk memasak berbagai  menu di rumahnya.

" Saya jam  6 pagi sudah belanja semua ubo rampai. Jam 08.00 pagi dibantu 4 pekerja mulai star mengerjakan. Jam 14.00 WIB atau sekitar jam 15.00 WIB semua sudah selesai. Pada jam itu pula kami usung ke barat pasar Pituruh untuk digelar" ungkap Ny. Ginarti Pujiono.

Ny. Ginarti masakannya jadi idola.

Diceritakan, pihaknya menyediakan puluhan menu masakan.

" Jadi ibu ibu tidak perlu masak. Sudah saya sediakan berbagai menu. Ada 50 menu masakan sayur, gorengan dan kolak , seperti lodeh, bening, mangut lele, belut, mangut bayong, rica rica ayam kampung dll. Semua sudah saya bungkus rapi. Harga terjangkau dari Rp 4 ribu. Sampai Rp 20 ribu untuk rica rica ayam kampung, Tambah Ginarti

Dari pantauan wartawan KoranPurworejo, nyaris setiap sore menjelang buka puasa. Kota kecamatan Pituruh khususnya area luar pasar Pituruh dan barat alun alun. Menjadi hiruk pikuk dipenuhi orang ngabuburit dan  para pencari menu untuk berbuka.

Ada sekitar 85 pedagang  berbagai macam menu, dari martabak, Freed chiken , sate ayam, bubur kacang hijau, bakmi godog, kupat tahu, sempol, siomay, batagor, dan puluhan jenis lainnya  yang menjajakan dagangannya. Mereka mengaku laku semua setelah usai maghrib.

Situsi transaksi pedagang minuman

Ny.Wantoro ( 43 th) pedagang minuman Cao, menggaku setiap sore bisa menjual 3 paket. Masing masing paket 50 Cup minuman. Harga dibandrol Rp 3000 × 150 Cup=Rp 450.000,_

"Alhamdhulilah Pak, saya jualan selalu habis paling gasik. Jam lima sore sudah kukut habis " ungkap Ny.Wantoro.

Dari sekitar 85 pedagang yang bisa kita sebut sebagai UMKM jika rata rata para pedagang melakukan transaksi Rp 500 ribu, Maka UMKM di Pituruh setiap harinya bisa diperkirakan terjadi transaksi sekitar RP 50 juta.

 Situasi selatan Polsek Pituruh

Hanya sayangnya, ada dampak  terhadap  arus lalu lintas yang jadi sering tersendat karena ramainya pendatang.

Yanti (40) warga Krajan, yang kini di Perum Gardenia Bayan Purworejo yang kebetulan  melintas belanja di area Alun alun, memberi masukan .

Yanti warga Pituruh kini di Gardenia Bayan
 
" Saya pikir. Pasar tiban saat ramadhan ini,  akan lebih baik jika ditempatkan saja di area alun alun. Kenapa tidak ? Kan lebih longgar dan tidak mengganggu lalin ? Ungkap Yanti.


Sementara dari dari pantauan Media,  kesadaran pembeli terhadap protokoler kesehatan, bisa dinilai masih rendah. Utamanya perihal penggunaan masker. Masih banyak yang kurang taat bermasker.

Menyikapi hal tersebut sudah sepantasnya, pihak muspika ( Forkopimca)  kecamatan Pituruh untuk mengedukasi warganya. Minimal menggunakan pengeras  mengingatkan warga, supaya bermasker. Bukan melakukan pembiaran.

(Roh/Nang Tirta)



1 komentar:

  1. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus

TAYANGAN HALAMAN